Kemampuan berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris saat bekerja di rumah sakit sangat krusial karena siapapun bisa datang sebagai pasien termasuk pasien internasional. Pelayanan pasien harus tetap berlangsung secara maksimal meskipun dilakukan dengan menggunakan bahasa Inggris. Dapat berkomunikasi dengan bahasa Inggris secara efektif dapat memberikan pelayanan yang lebih profesional, meningkatkan kepuasan pasien, dan memperkuat reputasi di pasar global.
Mengenal Rumah Sakit BaliMéd dan Tantangan Komunikasi
BaliMed adalah rumah sakit modern yang terletak di Denpasar, Bali, Indonesia. Dengan komitmen untuk memberikan pelayanan kesehatan berkualitas tinggi, Rumah Sakit BaliMed mengutamakan kepuasan pasien melalui layanan medis yang profesional dan fasilitas yang lengkap. Dilengkapi dengan peralatan medis terbaru dan didukung oleh tenaga medis yang berpengalaman, rumah sakit ini menawarkan berbagai layanan kesehatan, mulai dari rawat jalan, rawat inap, hingga perawatan spesialis di berbagai bidang seperti bedah, kardiologi, ortopedi, dan kesehatan anak.
Rumah sakit tentunya melayani semua pasien dari berbagai latar belakang. Dengan menguasai bahasa Inggris, tenaga medis dapat memberikan pelayanan yang optimal, mengakses informasi medis internasional, serta berkolaborasi dengan rekan kerja dan profesional medis dari luar negeri. Selain itu, banyak prosedur, dokumentasi, dan teknologi medis yang menggunakan bahasa Inggris, menjadikannya keterampilan penting untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan
Bagaimana Program Pelatihan Bahasa Inggris Staff BaliMéd di English Cafe Bali?
Program pelatihan bahasa Inggris staf BaliMéd diadakan secara offline di kantor English Cafe Bali pada Juni 2017. Para staf dibagi menjadi beberapa kelompok berdasarkan level kemampuan bahasa Inggris yaitu elementary level hingga intermediate level. Pelatihan kali ini diikuti oleh staf yang bekerja pada posisi admission, guest relation, dan bidan.
Training dilakukan berdasarkan kurikulum pelatihan yang English Cafe Bali susun khusus berdasarkan SOP BaliMéd. Materi pembelajaran meliputi seluruh skill bahasa Inggris yaitu Writing, Listening, Reading, dan Speaking sebagai berikut:
1. Komunikasi Dasar dengan Pasien
- Greetings and Introduction
- Asking and Answering Basic Questions
- Polite Request
- Giving Instructions
2. Bahasa Inggris Prosedur Medis
- Medical Terms and Phrases
- Explaining Medical Procedures
- Understanding Patient History
- Dealing with Emergencies
3. Bahasa Inggris untuk Administrasi Rumah Sakit
- Filling Out Forms
- Making Appointments
- Billing and Payments
4. Komunikasi dengan Rekan Kerja
5. Interaksi dengan Pengunjung
6. Bahasa Inggris Pelayanan Khusus
7. Bahasa Inggris untuk Tanggap Darurat
8. Etika dan Empati
Metode pembelajaran akan fokus terhadap situasi yang paling sering dijumpai saat bekerja dan lanjut ke topik yang spesifik. Role-play atau latihan percakapan dan simulasi tentang penjelasan prosedur medis, pemberian instruksi, dan lain-lain juga dilakukan agar para staf terbiasa dan lebih percaya diri dalam berkomunikasi dengan bahasa Inggris.
Staf BaliMéd: “Metode pengajaran kreatif dan inovatif!”
Para student memberikan apresiasi terhadap metode pengajaran yang diterapkan. Pengajaran dinilai kreatif dan inovatif karena pendekatan yang digunakan adalah gabungan dari berbagai teknik pembelajaran interaktif, seperti role-play, studi kasus, dan penggunaan media pembelajaran yang membuat keseluruhan training menjadi lebih murah dimengerti dan menyenangkan.
Mulai Pelatihan Bahasa Inggris untuk Karyawan Perusahaan Anda di English Cafe Bali!
English Cafe Bali telah dipercaya berbagai perusahaan dengan beragam industri untuk melakukan pelatihan bahasa inggris para karyawan. Training karyawan di English Cafe Bali bisa menyesuaikan dengan permasalah yang sedang dihadapi perusahaan atau SOP yang telah disediakan. Anda dapat mengatur jadwal dan tempat pelaksanaan training baik secara online maupun offline. Untuk informasi lebih lanjut, silakan konsultasi dengan education assistant English Cafe Bali via WhatsApp ya!