fbpx

Apa yang harus dilakukan dan dihindari jika ingin lancar berbahasa inggris
Bahasa inggris sudah menjadi suatu skill bahasa yang dibutuhkan selain bahasa daerah dan bahasa indonesia. Bahasa inggris membantu kita untuk berkomunikasi dengan masyarakat luar negeri yang merupakan hal positif untuk menambah wawasan dan koneksi. Tidak sedikit pembelajar bahasa inggris yang bingung harus belajar apa terlebih dahulu supaya lancar berbahasa inggris. Hindari terlalu fokus ke teori tanpa berlandaskan praktik. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dilakukan dan dihindari jika ingin lancar berbahasa inggris

1. Perbanyak mendengarkan daripada grammar (+)
Mendengarkan lebih bermanfaat untuk kelancaran bahasa inggris anda daripada hanya mempelajari grammar. Jika kita memperhatikan anak kecil, mereka cenderung belajar bahasa dengan lebih banyak mendengar dan mengucapkan daripada menghabiskan waktu di menulis. Dari mendengar, anda juga akan dapat berbicara secara lebih natural seperti pembicara bahasa inggris asli.

2. Komunikasi langsung dengan native speaker (+)
Tidak ada yang lebih baik daripada berbicara langsung dengan penutur asli.Dengan melakukan ini anda akan lebih percaya diri untuk berhadapan dengan bule atau native speaker. Banyak pembelajar bahasa inggris yang pintar dalam hal teori tetapi lemah dalam praktik terutama saat berhadapan langsung dengan penutur asli. Ingat, Bule yang diajak bicara bahasa inggris tidak akan memarahi anda ketika anda membuat kesalahan, mereka hanya akan sedikit tersenyum dengan tingkah anda. Bahkan mereka tidak segan akan membantu anda untuk memperbaiki bahasa inggris anda.

3. Dengar, tonton, dan baca apa yang native speaker dengar, tonton, dan baca (+)
Inti dari poin ini adalah membiasakan diri sendiri untuk sebanyak mungkin bersentuhan dengan bahasa inggris. Karena bahasa sangat erat kaitannya dengan kebiasaan. Bila diperlukan cobalah untuk berlanggan situs yang menyediakan chat dengan native speaker sehingga bahasa inggris anda akan terus terasah.

4. Jika anda seorang pemula, mulailah dengan berbicara perlahan terlebih dahulu (+)
Belajar bahasa inggris memang sangat menantang terutama bagi anda yang pemula. Jika seperti ini, gunakan kata – kata yang umum dan berbicaralah perlahan. Jika anda tidak tahu kosa-kata tertentu, pakailah kata – kata lain yang memiliki makna dan arti yang sama.

5. Jangan mengingat kosa – kata satu per satu atau secara terpisah (-)
Teknik mengingat kata satu per satu termasuk teknik tradisional yang memungkinkan pembelajar untuk menguasai beberapa kosa – kata dan menggunakannya. Namun, teknik ini juga lemah karena pembelajar akan cenderung lupa dengan dengan kata – kata tersebut dalam waktu yang pendek.

6.Takut membuat kesalahan, jangan (-)
Ini adalah musuh utama dalam belajar bahasa inggris bagi sebagian orang, takut membuat kesalahan dan malu karena salah mengucapkan kata atau salah grammar. Padahal, dari kesalahan tersebut sebenarnya kita bisa termotivasi untuk terus mencoba. Hindari untuk terlalu mendengarkan cemoohan orang lain yang bersifat menjatuhkan terutama saat anda membuat kesalahan.

Tes Bahasa Inggris Online Gratis

Ingin belajar bahasa inggris secara online, daftar sekarang di English Cafe Bali online course. Kamu akan diberikan materi yang pas, video listening yang mendukung, praktek berbicara bahasa inggris/konsultasi melalui video call. Kamu juga bisa tes kemampuan bahasa inggris supaya lebih paham dan ingat lebih lama. Atau bisa datang dan belajar langsung ke kantor English Cafe Bali. Silahkan hubungi English Cafe Bali melalui nomor kami di (0361) 481910.

By | 2018-07-20T16:54:34+08:00 July 20th, 2018|Categories: Artikel Terbaru, Self Motivation, Tips and Trick|Tags: , |0 Comments

About the Author:

Leave A Comment