fbpx

Apa itu Concrete Nouns dan Abstract Nouns

Gede Murta

Sebelum kita membahas lebih spesifik tentang apa itu concrete noun dan abstract noun, mari kita mengetahui pengertian dari kata benda (noun) secara umum. Noun atau kata benda adalah semua hal yang bisa menjadi subjek, objek, objek tambahan, dan kata benda kepunyaan. Noun atau kata benda dibagi menjadi dua bagian, yaitu:

 

  • Concrete Nouns

 

Mengapa diberikan istilah concrete nouns? Karena kelompok kata benda ini berwujud nyata dan dapat disentuh secara langsung, seperti contoh bag (tas), bottle (botol), dog (anjing), computer (komputer), girl (gadis kecil).

Concrete Nouns dibagi kembali menjadi empat jenis, yaitu

  1. Common noun (kata benda umum), misalnya book (buku), television (TV), car (mobil) dan lain-lain.
  2. Proper noun (kata benda menyatakan tempat), kata benda ini biasa dipakai untuk menyatakan identitas diri, perusahaan, kota, negara dan ditandai oleh penggunaan huruf kapital di awal kata. Misalnya: Lilly (nama orang), Pepsi (nama perusahaan/merek dagang), Denpasar (nama kota), Indonesia (nama negara), dan Udayana University (nama universitas/sekolah).
  3. Collective noun (kata benda dengan berkelompok) dan lebih pada benda-benda majemuk. Contohnya: committee (panitia), society (masyarakat), people (orang-orang).
  4. Compound nouns (kata benda yang digabung) dan umumnya bersifat jamak (plural). Misalnya: sisters in law (para ipar perempuan), policewomen (para polisi wanita), travel agents (para pengusaha biro perjalanan).

Contoh dalam kalimat:

  1. She borrowed a book from the library last week. (Dia meminjam sebuah buku dari perpustakaan minggu lalu).
  2. I was born in Tabanan, Bali. (Saya dilahirkan di Tabanan, Bali).
  3. I participated as committee when i was in college. (Saya ikut serta sebagai panitia pada waktu saya di bangku kuliah).
  4. He has many sisters in law. (Dia memiliki banyak ipar perempuan).                                                                Abstract Nouns

Abstract Nouns merupakan kelompok kata benda yang tidak berwujud seperti wealth (kekayaan), magnificence (keindahan), enjoyment (kegembiraan), dan lain-lain. Abstract nouns dapat dibentuk dari kata-kata kerja (verbs), kata-kata sifat (adjectives), dan lain-lain. Kata-kata kerja dapat dijadikan kata benta ketika ditambahkan akhiran -ment, -ion, -tion/-ation, -ance, -t, -y, -ing, dan lain sebagainya.

Berikut beberapa contoh kata benda yang berasal dari kata kerja:

(v) educate —> (n) education  + ion

(v) perform —> (n) performance + ance

(v) govern  —> (n) government + ment

Sedangkan untuk mengubah kata sifat menjadi abstract nouns dapat ditambahkan dengan akhiran -ness, misalnya happy (bahagia) menjadi happiness (kebahagiaan).

Berikut beberapa contoh kata benda yang berasal dari kata sifat:

(adj) sad      —> (n) sadness + ness

(adj) empty  —> (n) emptiness  + ness

Contoh dalam kalimat.

  1. The education of Indonesia has changed since 2012.
  2. We watched a very great performance from the Balinese dance.
  3. Sadness is time to feel what is coming next, happiness.

Demikian pengertian dan beberapa contoh penggunaan concrete nouns dan abstract nouns. Semoga dapat menjadi referensi untuk dapat digunakan dan bermanfaat kedepannya. Gabung bersama kami dan rasakan pengalaman belajar bahasa Inggris dengan teknik dan metode yang seru dan djamin tidak membosankan. Penasaran? Coba free trialnya yukk. Dijamin gratisss, jangan lupa untuk coba “2 minutes test” di website kami. Dengan mengikuti 2 minutes test tersebut, kalian akan mengetahui kebutuhan bahasa Inggris diambil.

 

Leave a Comment