fbpx

Apa Beda Let, Lets dan Let’s

Gede Murta

let_sign               lets120            lets_logo_v3.jpeg

Let, lets dan let’s, terkadang kata- kata tersebut membuat kalian bingung gak guys? Yap, ketiga kata tersebut hampir memiliki pelafalan yang mirip, namun memiliki arti yang berbeda atau biasa disebut dengan homophone. Apabila kita belum terlalu memahami arti dan penggunaanya, tentu saja hal tersebut akan mempersulit kita. Nah, kali ini mari kita bahas arti, pengunaan, dan contoh kalimatnya yuk guys agar nantinya kalian tidak bingung lagi dan bisa menggunakan kata-kata tersebut dengan tepat. Berikut penjelasan dan contoh kalimatnya.

LET

Let merupakan kata kerja (verb) dan dalam bahasa Indonesia berarti ijinkan atau biarkan. Kata let digunakan sebagai sebuah persetujuan dalam bahasa inggris untuk melakukan sesuatu. Untuk membentuk pola kalimat dengan menggunankan kata let, setelah kata kerja let kita tempatkan object pronoun atau noun dan setelah itu diikuti verb 1.

Contoh kalimat:

  1. Let me introduce myself to you (ijinkan saya memperkenalkan diri saya ke anda).
  2. Let me open the window (ijinkan saya membuka jendela).
  3. Let the students go home now (biarkan murid-murid pulang sekarang).
  4. Let him play with his friends outside (biarkan dia bermain dengan teman-temannya diluar).
  5. Let me have dinner with you (ijinkan saya untuk makan malam bersamamu).

LETS

Lets juga merupakan sebuah kata kerja (verb) dan memiliki arti yang sama dengan let yaitu mengijinkan atau membiarkan. Jadi, kata ini digunakan untuk memberikan ijin melakukan suatu hal atau kegiatan. Bedanya, kata lets dipakai oleh subyek tunggal baik berupa noun maupun pronoun seperti she, he, Thomas, atau it dan setelah kata lets biasanya diikuti oleh direct object atau bare infinitive.

Contoh kalimat:

  1. She lets me to go home (dia mengijinkan saya untuk pulang).
  2. My mom lets me to watch the music concert (Ibu saya mengijinkan saya untuk menonton konser musik).
  3. Tina lets me call her (Tina mengijinkan saya untuk menelfonnya).
  4. My sister lets me use her laptop (kakak saya mengijinkan saya untuk memakai laptopnya).
  5. He lets the dog to eat his food (dia membiarkan anjing memakan makanannya).

LET’S

Let’s merupakan abbreviation (singkatan) dari kata let us yang memiliki arti mari/ayo kita dan merupakan sebuah ajakan atau bisa juga digunakan untuk memberi saran. Setelah kata let’s diikuti dengan kata kerja bentuk pertama (verb 1).

Contoh kalimat:

  1. Let’s go to Kuta beach tomorrow morning (ayo kita pergi ke pantai Kuta besok pagi).
  2. Let’s play futsal together (ayo kita main futsal bersama-sama).
  3. Let’s make the homework at Putu’s house (ayo kita kerjakan PR di rumah Putu).
  4. Let’s teach the children (ayo kita ajari anak-anak).
  5. Never silent, let’s make creativity (jangan pernah diam, ayo kita berkreativitas).

Nah, itu dia guys penggunaan kata let, lets, dan let’s. Sekarang kalian sudah pahamkan bagaimana perbedaan dan penggunaan ketiga kata tersebut. Semoga nantinya kalian tidak bingung-bingung lagi ya guys dengan ketiga kata tersebut dan bisa menggunakannya dengan benar.

Nah, agar kalian tidak bingung-bingung lagi nih dengan bahasa Inggris, yuk gabung segera dengan kita di English Café Bali. English Café Bali berada di jalan Gunung Soputan 1 No.16A Denpasar atau jika kalian ingin menanyakan info tentang English Café, kalian bisa menghubungi kami di nomor ini (0361) 481910. Don’t be confused guys and join with us soon!

Leave a Comment