fbpx

Apa Bahasa Inggrisnya Lebaran?

Gede Murta

Lebaran adalah hari raya yang sangat ditunggu- tunggu bagi umat Islam karena merupakan hari raya Idul Fitri atau biasa disebut sebagai hari raya Kemenangan setelah sebulan berjuang melawan hawa nafsu/menjalankan ibadah puasa atau biasa disebut fasting dalam bahasa Inggris. Sudahkah kalian tahu apa bahasa Inggris lebaran? Hari raya Idul Fitri disebut juga sebagai Eid Mubarak dalam bahasa Inggris. Nah, saat menjelang atau hari H hari raya lebaran Idul Fitri banyak kegiatan yang pasti akan dilakukan oleh umat muslim. Kira-kira kegiatan apa saja sih yang biasa kalian lakukan pada saat perayaan Idul Fitri? Atau apa yang sedang kalian lakukan pada saat perayaan Lebaran? Yuk perhatikan tabel dibawah ini mengenai kegiatan perayaan lebaran dalam bahasa Inggris.

Kegiatan perayaan Idul Fitri dalam bahasa Inggris

Kegiatan yang biasa dilakukan pada saat Hari Raya LebaranSentences in English
Apa bahasa Inggris lebaran

Seluruh umat Islam selalu melakukan sholat berjamaah atau sholat Ied di pagi hari.

All the Muslim always do a prayer in the congregation.
Lebaran idul fitri 1434 H 2013

Umat Islam biasanya membuat ketupat beserta opor ayam.

Muslims usually make ketupat (a rice cake packed inside a diamond-shaped container of woven palm leaf pouch) with opor ayam (chicken braised in coconut milk.)
kue1

Mereka biasanya membuat kue kering untuk dijadikan cemilan ketika ada sanak saudara datang untuk bersilaturahmi.

They usually make cookies to serve as snacks when relatives come to stay in touch.
Eid_celebration
Hal yang paling hangat dilakukan adalah ketika berkumpul dengan keluarga, cerita, dan canda tawa bersama akan menjadikan hari rayamu akan semakin berwarna.
The warmest thing to do is when gathering with families; stories and laughter together will make your feast will be more colourful.
apa bahasa Inggris lebarann

Pergi liburan jalan-jalan bersama keluarga, sahabat, dan teman terdekat merupakan suatu kewajiban yang patut lakukan.

Go sightseeing or holiday with families, friends, and close friends are an obligation which something that must be done.

Baca juga:

Menyambung dengan penjelasan di atas, kita akan belajar tentang penggunaan Simple Present Tense yang digunakan untuk menyatakan kegiatan sehari-hari, fakta dan sesuatu terjadi berulang-berulang dan Present Continuous Tense adalah yang digunakan untuk menjelaskan suatu aksi yang sedang berlangsung.

Present Continuous Tense

Subject (I, you, we, they, he, she, it) + to be (am/is/are) + V-ing + O

  1. We are now gathering with our family to celebrate Eid Mubarak (Sekarang kami berkumpul bersama keluarga untuk merayakan lebaran hari raya Idul Fitri)
  2. In celebrating Eid Al-Fitr, my mother is cooking rendang. (Dalam merayakan hari raya Idul Fitri, ibuku sekarang sedang memasak rendang)
  3. When Eid Al-Fitr comes, my cousins and I are snacking cookies. (Saat Idul Fitri tiba, saya dan sepupu saya ngemil kue-kue)

Keterangan waktu Present Continuous Tense:
– Now
– Right now
– At present
– At the moment

Simple Present Tense

Subject (I, you, we, they, he, she, it) + V1 + O

  1. We usually pray Eid Mubarak in the morning. (Kami biasanya shalat Idul Fitri di pagi hari)
  2. My big family always gathers in my home because my home is big. (Keluarga besar saya selalu berkumpul di rumah saya karena rumah saya besar)
  3. Weight often gains during Eid Mubarak because we eat a lot. (Berat badan sering bertambah saat lebaran karena kita makan banyak)

Keterangan waktu Simple Present Tense

– Usually
– Often
– Always
– Rarely

Jadi, sangat mudah bukan memahami grammar jika diberikan beserta contoh kegiatan yang dilakukan saat lebaran tiba? Dan sekarang sudah tau kan apa bahasa Inggris lebaran? Sekarang kalian tidak perlu bingung lagi ya jika ada teman yang menanyakan apa bahasa Inggris lebaran. Kalian bisa jadikan contoh kegiatan lebaran dalam bahasa Inggris diatas sebagai referensi dan pastinya bisa kalian praktekkan langsung saaat lebaran tiba. Good luck!

Ngomong-ngomong, adakah yang masih sering mengalami kesulitan dalam bahasa Inggris?

Wajar saja karena banyak sebab. Yang pertama adalah karena kamu kurang terbiasa dengan bahasa inggris. Smartphone kamu saja masih berbahasa Indonesia. Sebab yang keduanya itu karena kamu adalah tipe gerak. Kamu tipe yang harus belajar dan dijelaskan langsung oleh guru secara fun dan sekaligus langsung praktik. Dan sebab yang terakhir adalah kamu takut mencoba ikut kursus bahasa inggris.

Kamu tidak salah. Banyak orang juga takut kursus bahasa inggris. Takut harganya mahal dan tidak sesuai hasil. Ataupun juga takut membuat kesalahan saat belajar di tempat kursus yang ramai dan guru yang galak. Takut jadwal dan waktu luangmu yang tidak sesuai dan tidak cukup. Yang terakhir adalah kamu takut bosan dengan pembelajarannya. 

Solusinya untuk bisa bahasa Inggris  adalah dibawah ini 

  1. Pertama kamu ganti bahasa smartphone kamu menjadi English. 
  2. Kedua, ikut kursus bahasa inggris yang jadwalnya fleksibel tanpa takut hangus. 
  3. Ketiga pilih sistem private atau kelas kecil biar lebih bebas. 
  4. Keempat pilih kursus bahasa inggris online zoom yang langsung face to face dengan gurunya. 
  5. Cari kursus bahasa Inggris yang BERANI Memberi JAMINAN UANG KEMBALI. Di English Cafe kami jamin 100% UANG KEMBALI. Jika kamu tidak sreg dengan kualitas tutor dan module kami.

Ayo coba kursus bahasa inggris online GRATIS di English Cafe dengan klik link disini.

Di English Cafe, kami adalah professional di bidang Bahasa Inggris. Semua program Bahasa Inggris seperti IELTS/TOEFL, General English dan program special untuk karyawan, hospitality dan medical semua tersedia. Program kita juga bisa di custom sesuai permintaan kamu lho. Semua tutor kami qualified dan terakreditasi. Ambil program kami dan kami jamin 100% UANG KEMBALI jika kamu tidak puas dengan kualitas tutor, sistem pengajaran kami dan platform kami. Yuk datang ke English Cafe di Jalan Gunung Soputan I 16 A Denpasar atau kalian bisa menghubungi kami melalui WA di nomor 082145458411. We’ll get you addicted to English!

Leave a Comment