Apa itu abbreviation? Apa saja jenis dan contohnya? Dan sudah pernahkah kalian mendengar kata “abbreviation”? Kali ini, kami akan membahas tentang abbreviation beserta contohnya part I. Abbreviation merupakan suatu istilah singkatan dalam bahasa Inggris yang diambil dari gabungan beberapa kata atau aktivitas. Abbreviation sendiri memiliki beberapa macam jenis. Nah, berikut adalah contoh-contoh dari abbreviation yang dapat digunakan dalam percakapan sehari-hari. 

Abbreviation “of” to “a” 

A. Kind of menjadi kinda

Kind of memiliki arti seperti atau sejenis juga bisa diartikan semacam, jenis, dan agak. Kind of lebih umum digunakan di American English.

Example:

  • She is kind of angry and stubborn. (Dia agak marah dan keras kepala)
  • This kind of house is very big and expensive here (Rumah jenis ini sangat besar dan mahal disini)

B. Sort of menjadi sorta

Sort of juga memiliki arti seperti, sejenis, agak, jenis dan semacam hanya saja sort of lebih umum digunakan di British English.

Example:

  • I like a music sort of pop-rock and pop-punk genre. (Saya suka jenis musik genre pop-rock dan pop-punk)
  • She needs a sort of fork and knife right now. (Dia butuh semacam garpu dan pisau sekarang.)

C. Out of menjadi outta

Out of memiliki arti keluar atau di luar.

Example:

  • Get out of here because I don’t want to see you. (Keluarlah dari sini karena saya tidak ingin melihat Anda)
  • This is out of my control. (Ini diluar kendali saya.)

D. A lot of menjadi alotta

A lot of memliki arti banyak. A lot of digunakan untuk kata benda yang dapat dihitung dan tidak bisa dihitung.

Example:

  • My uncle is a rich man who has a lot of money in his debit card (Paman saya adalah lelaki kaya yang memiliki banyak uang di kartu debitnya)
  • There are a lot of people here buying some food. (Ada banyak orang disini yang membeli beberapa makanan)

E. Lots of menjadi lotsa

Lots of memiliki arti yang sama dengan a lot of yaitu untuk satuan ukur beda dapat dihitung maupun tidak dapat dihitung

Example:

  • There are lots of bird and butterfly in the park. (Ada banyak burung dan kupu-kupu di taman)
  • Lots of wild animal such as lion and tiger live in the jungle. (Banyak hewan liar seperti singa dan harimau hidup di hutan)

F. Much of menjadi mucha

Much of memiliki arti banyak namun much of digunakan untuk benda yang tidak dapat dihitung seperti gula, garam, dsb.

Example:

  • How much does it cost for the hat and the clothes? (Berapa biaya untuk topi dan pakaian?)
  • Much of her money was well-spent by sending them to her mother and sister(Sebagian besar dari uangnya dihabiskan dengan baik dengan mengirimkannya kepada ibunya dan kakaknya)

G. Cup of menjadi cuppa

Cup of memiliki arti secangkir.

Example:

  • My father usually drinks a cup of coffee in the morning but a cup of tea in the evening. (Ayah saya biasanya meminum secangkir kopi di pagi hari tetapi secaring teh pada sore hari)
  • My sister drinks a cup of tea in the evening but she rarely does it. (Kakak perempuan saya minum secangkir teh di sore hari tetapi ia jarang melakukannya)

Nah itu dia guys contoh abbreviation yang bisa kalian gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Abbreviation diatas berguna untuk mempersingkat pelafalan kalian tanpa mengubah makna sebenarnya. Jadi, sudah siap untuk mempraktekan abbreviation diatas dalam kegiatan sehari-hari kalian? Jangan lupa dicoba ya! Tenang, abbreviation diatas bisa digunakan untuk ke semua kalangan, baik dari kita yang berbicara dengan atasan begitu pula sebaliknya. Setelah kalian membaca artikel tentang contoh abbreviation beserta contohnya part I ini, jangan lupa dibaca ya artikel-artikel English Cafe Bali lainnya seperti “abbreviation in daily life“.

Yuk asah terus kemampuan bahasa Inggris kalian dengan mengikuti kursus di English Café Bali. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami melalu telfon di nomor (0361) 481910 atau WhatsApp di nomor 0821 4545 8411. We’ll get you addicted to English!