fbpx

Apa itu istilah Have Something Done dalam bahasa Inggris?

Gede Murta

Pernahkah kalian mendengar istilah have something done dalam bahasa Inggris? Atau pernahkah kalian menggunakannya dalam percakapan sehari-hari. Have something done adalah bagian dari Causative verbs yang mempunyai beberapa bagian seperti let make, get, help dan salah satunya adalah have.

Apa itu istilah Have something done dalam bahasa inggris? Have something done adalah jenis kalimat pasif yang setiap kalimatnya memiliki arti “orang lain yang mengerjakan sesuatu untuk kita” atau hal dan kegiatan tersebut dikerjakan oleh orang lain. Jadi berbeda dengan kegiatan/aktifitas yang dilakukan sendiri. Coba perhatikan dan bandingkan contoh di bawah ini.

Perbandingan

Jill repaired the roof. (= she repaired it by herself)

Jill had the roof repaired. (= she arranged for somebody else to repair it/she asked someone to fix the roof)

Hati-hati dengan susunan kata. Past participle atau bentuk kata kerja ke tiga (repaired/cut/built dan lain-lain) diletakkan setelah objek.

No.haveobjectpast participle
1.Jill had                                         the roof repaired yesterday.
2.Where did you have your hair cut?
3.You look so beautiful. Have you had itdressed up?
4.We are havingthe house painted at the moment.
5.I don’t like havingmy photographtaken

Di samping itu ada ungkapan dengan “Get something done

Get something done memiliki pengertian yang sama dengan ‘have something done’ tetapi ‘get something done’ biasanya digunakan untuk situasi yang tidak formal.

Contoh: I think you should get you hair cut really short.

Reference:

Murphy, Raymond. 2004. Grammar in Use. New York: Cambridge University Press.

Jadi pada intinya ‘have something done’ atau ‘get something done’ merupakan jenis kalimat yang mengandung makna orang lain yang mengerjakannya untuk kita. Dan jenis kalimat ini berlaku ke semua jenis tenses. Dari contoh kalimat di atas, seperti contoh no. (1) dan (2) merupakan simple past tense. Kalimat (3) merupakan jenis simple present perfect tense, kalimat (4) merupakan simple present continuous tense dan kalimat (5) merupakan simple present tense.

Bagaimana? Gampang bukan? Yuk kenali jenis dan makna kalimat dalam bahasa Inggris. Gabung bersama kami dan rasakan pengalaman belajar bahasa Inggris dengan teknik dan metode yang seru dan djamin tidak membosankan. Penasaran? Coba free trialnya yukk. Dijamin gratisss, jangan lupa untuk coba “2 minutes test” di website kami. Dengan mengikuti 2 minutes test tersebut, kalian akan mengetahui kebutuhan bahasa Inggris diambil.

Leave a Comment