Bencana alam adalah fenomena yang cukup sering terjadi di Indonesia. Hal ini dikarenakan posisi geografis, geologis, dan kondisi relief Indonesia. Indonesia berada pada posisi dimana secara geografis diapit oleh samudra Pasifik dan samudra Hindia. Secara geologi, Indonesia juga terletak pada tiga lempeng utama yaitu Indo-Australia, Eurasia, dan Pasifik. Beraneka macamnya permukaan wilayah Indonesia atau dalam bahasa inggrisnya yaitu “relief” juga menjadi salah satu penyebab beberapa terjadinya bencana di Indonesia. Contoh bencana alam yang sering terjadi adalah seperti gempa bumi, tsunami, banjir bandang, serta angin kencang. Sudah tahukah kalian mengenai kosa-kata tentang bencana alam/natural disaster dalam bahasa inggris? Jika belum yuk simak artikel berikut dibawah ini.

Tes Bahasa Inggris Online Gratis

21 kosa-kata tentang bencana alam/natural disaster dalam Bahasa Inggris

  1. Avalanche (Longsor salju)

The most deadly avalanche occurs in some countries such as Austria, Swiss and Italy. (Longsor salju paling mematikan terjadi di beberapa negara seperti Austria, Swiss dan Italia)

  1. Blizzard (Badai salju)

Blizzards commonly occur in the spring than in the fall when they occur outside the time frame of peak snow season. (Badai salju biasanya terjadi pada musim semi dibandingkan pada musim gugur ketika terjadi di luar rentang waktu puncak musim salju)

  1. Cyclone (Topan)

Java island was impacted by an Indonesia cyclone called Tropical Cyclone Cempaka. (Pulau Jawa terkena dampak siklon Indonesia yang disebut Siklon Tropis Cempaka)

  1. Drought (Kekeringan)

Drought usually occurs in Indonesia when it is the time of peak dry season. (Kekeringan biasanya terjadi di Indonesia pada saat puncak musim kemarau)

  1. Dust storm (Badai debu)

One of nature’s most dangerous and occur unpredictably is a dust storm. (Salah satu badai alam yang paling berbahaya dan terjadi secara tidak terduga adalah badai debu)

  1. Earthquake (Gempa bumi)

Natural diasaster that is most frequently occurs in Indonesia is an earthquake. (Bencana alam yang paling sering terjadi di Indonesia adalah gempa bumi)

  1. Fog (Kabut)

San Fransisco fog occurs along the California coast. (Kabut San Fransisco terjadi di sepanjang pantai California)

Baca juga:

  1. Forest Fire (Kebakaran hutan)

Sumatra and Kalimantan island frequently experince forest fire. (Pulau Sumatera dan Kalimantan sering mengalami kebakaran hutan)

  1. Flood (Banjir)

Jakarta is one of the cities in Indonesia where a flood frequently happen every year. (Jakarta merupakan salah satu kota di Indonesia yang sering terjadi banjir setiap tahunnya)

  1. Hailstorm (Hujan es disertai angin ribut)

Some cities have ever experienced a hailstorm. (Beberapa kota pernah mengalami hujan es yang disertai angin ribut)

  1. Heat wave (Gelombang panas)

Stay calm please, a heat wave will not occur in Indonesia. (Tetaplah tenang, gelombang panas tidak akan terjadi di Indonesia)

  1. Hurricane (Badai)

Florida is the most hit country by a hurricane. (Florida adalah negara yang paling parah dilanda badai)

  1. Landslide / Mudslide (Tanah longsor/Longsor lumpur)

Indonesia is a frequent country that landslide can happen. (Indonesia termasuk negara yang sering terjadi longsor)

  1. Lightning (Petir)

Lightning can strike people cause death. (Petir bisa menyambar orang hingga meninggal)

Baca juga:

  1. Thunderstorm (Hujan badai)

Light showers with thunderstorm occur in some parts of USA today. (Hujan ringan disertai badai petir terjadi di beberapa bagian America saat ini)

  1. Tornado (Angin topan)

In the Great Plains, central USA, a tornado mostly occurs (Di Great Plains, Amerika Serikat bagian tengah, tornado paling sering terjadi)

  1. Tsunami (Ombak besar)

A 2 metres high tsunami hit some cities in Japan. (Tsunami setinggi 2 meter melanda beberapa kota di Jepang)

  1. Tremor (Getaran)

Before an earthquake happens, the tremor will be felt from the ground. (Sebelum gempa terjadi, getaran akan terasa dari permukaan tanah)

  1. Volcanic Eruption (Erupsi gunung berapi)

Indonesia is the country that volcanic eruption always occurs every year. (Indonesia merupakan negara yang letusan gunung berapi selalu terjadi setiap tahun)

  1. Whirlpool (Pusaran air)

Scotland has the world’s largest whirlpools. (Skotlandia memiliki pusaran air terbesar di dunia)

  1. Whirlwind (Angin puyuh)

All over the world whirlwind can occur unpredictably in any season. (Di seluruh dunia, angin puyuh dapat terjadi secara tidak terduga di musim apa pun)

Nah itulah 21 kosakata tentang bencana alam/natural disaster dalam bahasa Inggris. Jadi gimana? Sudah menambah kosakata kalian belum? Selain menghafal, kalian juga mempraktekannya langsung dengan membuat conversation atau menuliskannya ke dalam bentuk kalimat. Dengan begitu, kalian akan cepat hafal dan bahasa Inggris kalian akan meningkat. Jangan berhenti mencoba ya. Good luck!

Ngomong-ngomong, adakah yang masih sering mengalami kesulitan dalam bahasa Inggris?

Wajar saja karena banyak sebab. Yang pertama adalah karena kamu kurang terbiasa dengan bahasa inggris. Smartphone kamu saja masih berbahasa Indonesia. Sebab yang keduanya itu karena kamu adalah tipe gerak. Kamu tipe yang harus belajar dan dijelaskan langsung oleh guru secara fun dan sekaligus langsung praktik. Dan sebab yang terakhir adalah kamu takut mencoba ikut kursus bahasa inggris.

Kamu tidak salah. Banyak orang juga takut kursus bahasa inggris. Takut harganya mahal dan tidak sesuai hasil. Ataupun juga takut membuat kesalahan saat belajar di tempat kursus yang ramai dan guru yang galak. Takut jadwal dan waktu luangmu yang tidak sesuai dan tidak cukup. Yang terakhir adalah kamu takut bosan dengan pembelajarannya. 

Solusinya untuk bisa bahasa Inggris  adalah dibawah ini 

  1. Pertama kamu ganti bahasa smartphone kamu menjadi English. 
  2. Kedua, ikut kursus bahasa inggris yang jadwalnya fleksibel tanpa takut hangus. 
  3. Ketiga pilih sistem private atau kelas kecil biar lebih bebas. 
  4. Keempat pilih kursus bahasa inggris online zoom yang langsung face to face dengan gurunya. 
  5. Cari kursus bahasa Inggris yang BERANI Memberi JAMINAN UANG KEMBALI. Di English Cafe kami jamin 100% UANG KEMBALI. Jika kamu tidak sreg dengan kualitas tutor dan module kami.

Coba Sekarang (Ungu)

Di English Cafe, kami adalah professional di bidang Bahasa Inggris. Semua program Bahasa Inggris seperti IELTS/TOEFL, General English dan program special untuk karyawan, hospitality dan medical semua tersedia. Program kita juga bisa di custom sesuai permintaan kamu lho. Semua tutor kami qualified dan terakreditasi. Ambil program kami dan kami jamin 100% UANG KEMBALI jika kamu tidak puas dengan kualitas tutor, sistem pengajaran kami dan platform kami. Yuk datang ke English Cafe di Jalan Gunung Soputan I 16 A Denpasar atau kalian bisa menghubungi kami melalui WA di nomor 082145458411. We’ll get you addicted to English!