fbpx

14 Contoh Kalimat Yang Menggunakan Kata Sifat (Adjective) Berakhiran –ed dan –ing

Gede Murta

Dalam Bahasa Inggris, kata sifat dikenal dengan sebutan adjective. Kata sifat adalah kata-kata yang berhubungan dengan Panca Indra kita seperti indah, cantik, enak, malu, dan lain sebagainya. Nah, beberapa kata sifat memiliki akhiran –ed dan –ing guys. Terkadang, kita mungkin bingung dengan kata sifat yang berakhiran –ed atau –ing contonya amazed dan amazing. Kedua kata tersebut adalah kata sifat. Nah, lalu apa perbedaan kedua kata tersebut guys? Kapan kita menggunakan amazing dan kapan saat kita menggunakan amazed?

Jika kalian ingin tahu jawabannya, yuk baca dulu artikel English Café terdahulu yang berjudul Adjective-ED VS Adjective-ING”. Secara umum, kata sifat yang berakhiran –ing berfungsi menunjukan atau mendeskripsikan ciri-ciri atau karakter suatu objek atau suatu hal. Sedangkan kata sifat yang memiliki akhiran –ed, berfungsi untuk menunjukan perasaan subjek atau seseorang akan suatu hal. Nah, untuk memahaminya lebih lanjut, berikut 14 contoh kalimat yang menggunakan kata sifat (adjectives) berkahiran –ed dan –ing. Disimak baik – baik ya guys.

  1. It is raining outside. I can’t go anywhere. I feel bored. (Di luar sedang hujan. Saya tidak bisa pergi kemanapun. Saya merasa bosan).
  2. The new park is boring. There is nothing special except the fountain.  (Taman barunya membosankan. Disana tidak ada yang spesial kecuali air mancurnya).
  3. Dion feels challenged to join the futsal tournament. (Dion merasa tertantang untuk mengikuti turnamen futsal).
  4. The Math test was very challenging. I couldn’t answer some questions. (Tes Matematikanya sangat menantang. Saya tidak bisa menjawab beberapa pertanyaan).
  5. Tino is interested to watch action movies, so that’s why he has a lot of them. (Tino tertarik untuk menonton film-film aksi, maka dari itu dia memiliki banyak film-film aksi).
  6. The new movie was very interesting. Many famous actors played in that movie. (Film barunya sangat menarik. Banyak aktor-aktor terkenal bermain pada film tersebut).
  7. I was terrified because there was a dead snake in my backyard.  (Saya ketakutan karena ada ular mati di halaman saya).
  8. The horror movie was very terrifying. (Film horornya sangat mengerikan).
  9. I was disgusted by the bad smell from the sewer (Saya merasa jijik akan bau busuk dari selokan).
  10. I had three sips of my coffee and it was disgusting. (Saya minum tiga teguk kopi dan rasanya menjijikan).
  11. Borobudur temple is amazing. It is one of the 7 wonders of the world. (Candi Borobudur sungguh menakjubkan. Itu adalah salah satu dari 7 keajaiban dunia).
  12. I was amazed by the Old Trafford Stadium in Manchester, England. (Saya kagum dengan Stadion Old Trafford di Manchester, Inggris).
  13. I fell down to a swimming pool yesterday because the floor was very slippery. It was embarrassing (Saya jatuh ke kolam renang kemarin karena lantainya sangat licin. Itu memalukan).
  14. I felt embarrassed last night because there was a beautiful girl sat in front of my dining table in a restaurant. (Saya merasa malu malam tadi karena ada seorang perempuan cantik yang duduk di depan meja makan saya di sebuah restoran).

Alright guys, itu dia 14 contoh kalimat yang menggunakan kata sifat (adjectives) berkahiran –ed dan –ing. Nah, bagaimana? Apakah kalian sudah lebih paham sekarang mengenai penggunaan kata sifat yang berakhiran –ed dan –ing? Semoga contoh – contoh kalimat diatas dapat membantu menambah pemahaman kalian ya guys.

Jika kalian ingin mempelajari Bahasa Inggris lebih dalam lagi, yuk gabung segera dengan English Café Bali. English Café Bali adalah tempat kursus Bahasa Inggris di Bali yang beralamat di Jalan Gunung Soputan 1 No.16 A Denpasar atau kalian bisa menghubungi kami di nomor (0361) 481910. Keep improving your English guys!

Leave a Comment