fbpx

10 Kosakata yang Berkaitan dengan Tahun Baru China (Imlek)

Saphira Aryanti

Chinese New Year atau Tahun Baru China merupakan perayaan tahun baru bagi masyarakat etnis Tionghoa. Chinese New Year sendiri bisa juga disebut sebagai Imlek atau Lunar New Year. Tentunya kalian sudah tidak asing lagi bukan dengan kata Imlek dan Lunar? Nah pembahasan kali ini, English Café Bali akan mengulas tentang 10 kosakata (vocabulary) berkaitan dengan Imlek beserta contoh kalimatnya agar kalian bisa mempraktikan langsung saat Imlek tiba nanti.

1. Lunar (bulan; berkaitan dengan bulan; mengacu pada pergerakan bulan yang mengelilingi bumi)

Contoh kalimat:

The calendar used by the Chinese community that refers to the movement of the moon around the earth is the Lunar calendar.

Kalender yang digunakan oleh masyarakat Tionghoa untuk mengacu pada pergerakan bulan mengelilingi bumi adalah kalender Lunar.

2. Red Envelope (amplop merah; disebut sebagai angpao yang berisikan hadiah biasanya berupa uang)

Contoh kalimat:

During Lunar New Year, in my family, those who have been married must give a red envelop which Chinese writing on it to those who haven’t.

(Saat tahun baru China, di keluarga saya, mereka yang sudah menikah harus memberikan amplop merah bertuliskan tulisan China kepada yang belum.)

3. Chinese Tradition (tradisi suku Tionghoa)

Contoh kalimat:

During Chinese New Year, my sister and I usually do the Chinese Tradition with the big family.

Selama Tahun Baru Imlek, saya dan saudara perempuan saya biasanya melakukan tradisi Tionghoa bersama keluarga besar.

4. Yin and Yang (filosofi Tionghoa; berkaitan dengan energi yang berlawanan namun perpaduan yang melambangkan keharmonisan dan keseimbangan)

Contoh kalimat:

Samantha and Amanda are twins but they are like yin and yang. Amanda likes to dress girly while Samantha likes to dress boyish when celebrating Chinese New Year in a family gathering.

Samantha dan Amanda adalah saudara kembar tetapi mereka seperti yin dan yang. Amanda suka berpakaian feminim sedangkan Samantha suka berpakaian tomboy saat merayakan Imlek di acara kumpul keluarga.

5. Spring Rolls (lumpia; makanan tradisional yang melambangkan kekayaan, biasanya disajikan saat Imlek)

Contoh kalimat:

My sister and I always order more than 100 spring rolls to be served for the family gathering in Chinese New Year.

Saya dan kakak perempuan saya memesan lebih dari 100 lumpia untuk disajikan saat kumpul keluarga di Tahun Baru Imlek.

6. Lantern Festival (Festival lentera/lampion)

Contoh kalimat:

When Chinese New Year comes, there will always be a lantern festival held or you can do that in your home by lighting candles and hanging the lantern ornaments.

Saat Tahun Baru Imlek datang, akan selalu ada festival lampion yang diadakan atau bisa juga dilakukan di rumah dengan menyalakan lilin dan menggantung ornamen lampion.

7. Lion Dance (tarian singa atau Barongsai)

Contoh kalimat:

Just before Chinese New Year, there are many people selling Chinese ornaments such as lanterns in a mall and usually, a lion dance or Barongsai held there to celebrate.

Menjelang Tahun Baru Imlek, banyak orang yang berjualan ornamen Tionghoa seperti lentera di mall dan biasanya barongsai digelar di sana untuk merayakannya.

8. Dumpling (pangsit; makanan tradisional yang melambangkan kekayaan dan masa depan cerah yang disajikan saat tahun baru China)

Contoh kalimat:

I help my mother make a lot of dumplings to be served in her father’s house at the family gathering during Chinese New Year.

Saya membantu ibu saya membuat banyak pangsit untuk disajikan di rumah ayahnya pada pertemuan keluarga selama Tahun Baru Imlek

9. Evil Spirit (roh jahat)

Contoh kalimat:

As my family is Chinese, we usually watch lion dances in the Chinese New Year which are held in order to chase away evil spirits

Karena keluarga saya adalah orang Tionghoa, kami biasanya menonton barongsai di Tahun Baru Imlek yang diadakan untuk mengusir roh jahat.

10. Gold (emas; biasanya diberikan dalam bentuk hadiah kepada sanak saudara)

Contoh kalimat:

As my uncle is a wealthy man, he gives all her nieces and nephews gold as the Chinese New Year gift.

Karena paman saya adalah orang kaya, dia memberikan emas kepada semua keponakannya sebagai hadiah Tahun Baru Imlek.

Nah itu dia 10 kosakata berkaitan dengan Tahun Baru Imlek beserta contoh kalimatnya yang bisa kalian praktikkan ketika Imlek tiba. Selain itu, 10 kata-kata ucapan tahun baru Imlek dalam bahasa Inggris beserta artinya juga bisa kalian praktikkan kepada teman-teman kalian yang merayakan Imlek, lho. Jika kalian masih bingung dengan penjelasan diatas, kalian bisa belajar dengan kami. Tidak perlu khawatir soal tempat dan waktu karena waktu belajar kami flexible dan distance learning. Kapanpun dan dimanapun kalian berada, kalian bisa belajar dengan kami. Kami menjamin bahasa Inggris kalian pasti improve. Yuk analisis dan asah kemampuan bahasa Inggris kamu dengen mengikuti FREE ONLINE PLACEMENT TEST. Good luck!

Leave a Comment