fbpx

Strategi Menulis Bahasa Inggris yang Baik dan Benar Untuk Pemula

Gede Murta

writing abilityDalam sebuah tes Bahasa Inggris, writing adalah salah satu komponen yang masih kebanyakan orang menganggap sulit, termasuk anda dan saya bukan? Writing in English atau menulis dalam Bahasa Inggris adalah satu seksi dimana sering membuat anda gagal dalam tes Bahasa Inggris. Mulai dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi dan juga yang ingin bekerja atupun belajar ke Luar Negeri pernah menghadapi tes Bahasa Inggris. Mungkin anda salah satu yang pernah mengikuti tes Bahasa Inggris untuk bekerja ataupun belajar ke Luar Negeri yang terhalang karena gagal dalam tes writing. Tidak ada yang sulit dalam writing English atau menulis bahasa inggris. Itu sama seperti aspek aspek yang lainnya. Jika anda mau menyukainya walaupun belum menguasainya tapi mau berusaha untuk mempelajarinya pasti hasilnya akan memuaskan.

Lalu, bagaimana cara menulis bahasa Inggris? Menulis bahasa Inggris tidak tergantung dari panjang atau pendeknya tulisan tersebut tapi dari tata bahasa atau gramatikanya. Memiliki banyak kosa kata bahasa Inggris atau English vocabulary membuat anda lebih mudah dalam menulis bahasa inggris atau writing in English. Untuk menulis bahasa inggris, sebaiknya anda menentukan target atau siapa pembaca tulisan tersebut. Banyak orang menganggap itu tidaklah begitu penting padahal justru sebaliknya. Jika anda ingin menulis tulisan atau cerita untuk anak anak maka bahasa yang digunakan harus mudah, sederhana dan bisa dimengerti oleh anak anak begitu pula jika anda ingin menulis essay bahasa inggris atau tulisan remaja, maka bahasa yang di gunakan harus sesuai dengan dunia remaja atau dewasa. Jika kita merupakan pemula dalam menulis bahasa inggris sebaiknya kita menggunakan lebih banyak kalimat aktif daripada kalimat pasif dan menggunakan kalimat yang sederhana.

Menulis essay Bahasa Inggris yang baik dan benar bagaimana ya? Sebuah essay paling sedikit terdiri dari tiga paragraf yaitu introduction, body dan conclusion. Di paragraf pertama atau introduction yang dalam bahasa indonesia disebut pendahuluan. Di bagian introduction ini ada aspek marketing yang digunakan, dimana dalam bagian ini isinya harus bisa membuat pembaca tertarik dan ingin membaca bacaan tersebut. Di Paragraf ke dua yaitu isi atau body. Di bagian ini adalah merupakan isi dari apa yang ingin ditulis atau disampaikan kepada pembaca dan yang terkahir adalah conclusion atau kesimpulan. Di paragraf ini, melihat dari namanya yaitu kesimpulan, maka di paragraf terakhir berisi tentang kesimpulan yang bisa diambil dari tulisan anda dan biasanya berupa pendapat ataupun solusi yang bisa di paparkan atau disampaikan kepada pembaca. Kesemuanya ini merupakan cara menulis essay Bahasa Inggris yang bisa diterapkan dalam latihan menulis bahasa inggris anda.

Bagi yang ingin belajar menulis Bahasa Inggris atau menulis essay bahasa inggris bisa bergabung di English Cafe. English Cafe adalah satu satunya tempat kursus bahasa inggris di Bali yang bergaya Cafe. Di English Cafe anda bisa kursus menulis bahasa Inggris atau belajar menulis bahasa inggris dengan metode Fun & Learning. Anda ingin mencoba? Manfaatkan Free trial dari English Cafe. Tidak suka, tidak usah bayar!Yuk hubungi kami di 0361 481910.