fbpx

Pentingnya Menulis Bahasa Inggris Formal yang baik dan benar dalam melihat Kemampuan kita berbahasa Inggris.

Gede Murta

Pernakah kamu mendengar kasus jika seseorang gagal dalam Test Bahasa Inggris karena dalam test menulis “writing” dia tidak menulis sebuah paragraph yang baik? Banyak sekali kasus seperti di atas yang kita temui dalam Tes Bahasa Inggris. Biasanya orang sangat mementingkan tes bicara “speaking” dibandingkan tes menulis “writing” padahal dalam mendapatkan hasil tes bahasa Inggris yang memuaskan semua aspek memegang peranan penting. Sudah bagus di “speaking” jangan sampai lupa sama “writing” itu yang harus dilakukan dalam belajar bahasa Inggris.

Tidak seperti “speaking” yang mempelajari percakapan bahasa Inggris tanpa membutuhkan tata bahasa yang sedikit rumit, dalam menulis bahasa Inggris yang baik dan benar ada beberapa materi tertentu yang harus kita pelajari, mulai dari belajar bahasa Inggris grammar yang dasar, penggunaan kalimat pasif , dan mempelajari tata bahasa Inggris formal yang baik dan benar.

Dalam menulis bahasa Inggris yang baik dan benar, sebaiknya kita menggunakan bahasa Inggris formal karena bahasa Inggris formal akan terkesan lebih intelektual. Contohnya seperti menulis sebuah surat yang berhubungan dengan pekerjaan dalam bahasa Inggris, pastinya kita menggunakan bahasa Inggris formal yang baik dan benar.

Ini dia beberapa tips buat kamu untuk menulis sebuah surat dalam bahasa Inggris formal yang baik dan benar. Tips yang pertama ialah gunakan kalimat pengantar serta penutup yang baku atau formal, contohnya : Dear Mr. atau Dear Ms. Tapi kalau kepada siapa yang kita tuju belum diketahui kita sebaiknya menggunakan sapaan yang umum seperti Dear Madam, Dear Sir. Untuk kalimat penutup kita bisa menggunakan contoh kalimat ini “I am looking forward to hearing from you. Thank you very much” terus di akhiri dengan sapaan Sincerely yours dan Best regards.

Tips yang kedua jika surat yang akan kita tulis adalah sebuah permintaan maka memohonlah dengan bahasa tulisan yang sopan, gunakan kalimat yang berpola “I would be very grateful if you could …….” Atau “If you could ……., it would be most appreciated”

Tips yang ke tiga dalam menulis bahasa Inggris formal yang baik dan benar jangan pernah menyingkat atau menggunakan singkatan apalagi memakai symbol untuk pengganti kata seperti : “it is, bukan it’s” atau “you, bukan u” apalagi “for, bukan 4”. Dan selalu tulis Thank you dengan tulisan bahasa Inggris yang baik dan benar. Tips yang terakhir selalu cantumkan nama dengan lengkap tambahkan afiliasi di bawah nama itu sangat baik. Dan gunakan huruf besar dan tanda baca dengan baik. Menunjukan kemampuan kita dalam menulis bahasa Inggris formal yang baik dan benar lebih penting kareana akan memberi kesan positif bagi yang membacanya.

English Café akan membantu kamu dalam belajar bahasa Inggris, tidak hanya belajar bahasa Inggris speaking tetapi English Café membantu kamu untuk belajar bahasa Inggris secara keseluruhan, karena kemampuan kita dalam menulis bahasa Inggris yang baik dan benar dapat menjadi tolak ukur bagi seseorang dalam melihat kemampuan kita berbahasa Inggris. So, let’s come join us now! English Café, we’ll get you addicted to English!