Writing Task 2 IELTS | Apa Saja Yang Diperlukan Untuk Mendapatkan Score Terbaik?

Gede Murta

Writing Task 2 IELTS | Apa Saja Yang Diperlukan Untuk Mendapatkan Score Terbaik?

writing task 2 ielts

Jika kamu ingin melanjutkan studi ataupun mencari pekerjaan ke luar negeri, skor IELTS merupakan salah satu syarat yang harus kamu miliki. Ini merupakan sebuah tes untuk mengetahui bagaimana kemampuan berbahasa Inggris seseorang. Saat tes IELTS, setiap peserta akan mengerjakan 4 bagian ujian dan salah satunya adalah writing. Dalam IELTS writing, terbagi lagi menjadi 2 bagian, yaitu IELTS Writing Task 1 dan IELTS Writing Task 2. Dan nilai untuk Writing Task 2 lebih tinggi jika dibandingkan dengan Writing Task 1.

Untuk kamu yang akan menjalani tes IELTS entah itu untuk keperluan studi maupun mencari pekerjaan ke luar negeri, pada artikel kali ini English Cafe Bali akan membantu kamu untuk lebih mudah menjalani tesnya. Dimulai dari menjelaskan apa itu IELTS writing test hingga apa saja kesalahan yang sering terjadi saat orang-orang mengerjakan IELTS Writing Task 2. Agar membuat kamu bisa mengerti dengan baik apa itu IELTS Writing Task dan supaya kamu tidak melakukan kesalahan yang umum terjadi saat mengerjakannya.

Berikut beberapa hal yang akan dibahas pada artikel kali ini, yuk disimak!

  1. Definisi IELTS Writing Test
  2. IELTS Writing Task 2
  3. Bagaimana Mengerjakan IELTS Writing Task 2 yang Baik?
  4. Kesalahan yang Sering Terjadi saat Mengerjakan IELTS Writing Task 2
  5. English Cafe Bali Membantumu Menghadapi IELTS Writing Task 2

Tingkatkan kemungkinan untuk mendapatkan skor tes IELTS tinggi dengan bantuan pengajar berpengalaman dan jadwal yang flexibel bersama English Cafe Bali, disini!

Definisi IELTS Writing Test

Dalam IELTS test ada 4 bidang yang diuji, salah satunya yang akan kami bahas sekarang adalah IELTS writing test. IELTS writing test adalah salah satu ujian kemampuan pada IELTS yang akan menguji kemampuan menulis bahasa Inggris kamu. Dalam ujian kemampuan ini, kamu akan menuliskan 2 esai yang berbeda dalam dua sesi. Tugas dalam IELTS Writing Test adalah IELTS Writing Task 1 dan IELTS Writing Task 2. Pada Task 1, kamu diminta untuk menuliskan sebanyak 150 kata dan kamu diminta untuk menuliskan laporan berdasarkan dengan data yang disajikan dalam bentuk grafik, bagan, ataupun diagram. Dan pada Task 2, kamu akan diminta untuk menuliskan sebanyak 250 kata dan kamu akan diminta untuk menuliskan esai berdasarkan dengan topik yang diberikan.

Untuk waktu pengerjaan IELTS Writing Test akan berlangsung selama 60 menit/1 jam. Tujuan dari ujian ini adalah untuk menilai seberapa baik kamu dalam mengemukakan pendapat ataupun menjelaskan sebuah poin dalam bentuk esai berbahasa Inggris secara tertulis. Ada 4 standar yang akan dinilai dari kemampuan menulis bahasa Inggrismu, yaitu:

  • Task Achievement (Keberhasilan Tugas)

Dalam standar ini, penilaian dilakukan berdasarkan seberapa relevan tulisanmu dengan tugas yang diberikan atau mengembangkan pandangan yang lebih luas dari topik yang sudah diberikan.

  • Coherence and Cohesion (Koherensi dan Kohesi)

Pada standar yang kedua, penilaiannya berdasarkan pada bagaimana kamu membuat struktur kalimat yang koheren dan kohesif, sehingga tulisan kamu bisa dipahami dengan baik.

  • Lexical Resources (Sumber Leksikal)

Penilaian pada standar yang ketiga ini adalah berdasarkan bagaimana gaya menulismu dan penggunaan kosakata bahasa Inggrismu yang beragam.

  • Grammatical Range and Accuracy (Jangkauan dan Akurasi Tata Bahasa Inggris)

Penilaian ini berdasarkan dengan penggunaan grammar dalam bahasa Inggris. Seperti apakah dalam tulisanmu menggunakan grammar yang beragam dan juga tepat pada penulisanmu.

Adapun perbedaannya antara writing test di modul IELTS Academic dan IELTS General Training adalah dari tipe pertanyaannya. Pada modul IELTS Academic yang akan diuji adalah kemampuanmu dalam menulis sesuatu yang sifatnya akademis, sehingga topik akademik akan dibahas lebih dalam. Sedangkan IELTS General Training akan mengevaluasi kemampuan kamu dalam menulis untuk berbagai tujuan umum.

Baca juga : Tips dan Trik Terbaik IELTS Writing Academic dan IELTS General Training

IELTS Writing Task 2

Penulisan esai pada IELTS Writing Task 2 di modul IELTS Academic, berbentuk teks diskursif atau teks yang mendiskusikan suatu topik dengan menyajikan argumen yang berkaitan, yang mana kamu harus menulis tentang pendapatmu juga dengan disertai kesimpulan yang kuat. Pendapat kamu pun harus relevan dengan topik yang diberikan. Seperti menuliskan pro dan kontra terhadap topik yang diberi, atau berupa sikap setuju atau tidak setuju terhadap suatu permasalahan yang diberikan.

Untuk menunjukkan kemampuan kamu dalam menulis secara akademis, IELTS Writing Task 2 harus ditulis dalam format yang baku. Nantinya kamu akan diminta untuk menulis esai mengenai opini, diskusi, perbandingan kelebihan dan kekurangan, pertanyaan langsung ataupun solusi. Sedangkan Penulisan esai pada IELTS Writing Task 2 di modul IELTS General Training, pertanyaan dan topik yang diberikan cenderung lebih sederhana. Lalu, selain pada Task 2 kamu akan diminta menulis lebih panjang dari Task 1, penilaian Task 2 juga lebih berbobot dari Task 1.

Baca juga : Tips dan Trik IELTS Listening untuk Skor Tinggi

writing task 2 ielts

Bagaimana Mengerjakan IELTS Writing Task 2 yang Baik?

Kamu ingin mendapatkan skor tinggi di IELTS Writing task 2? Jika iya, kamu harus memikirkan mengenai ide dan juga merencanakan struktur esai mu. Kamu juga harus menggunakan kosakata yang sesuai dengan topik yang diberikan dan tentu harus menggunakan grammar yang sempurna. Selain itu, berikut beberapa cara agar kamu dapat mengerjakan dan mendapatkan nilai IELTS Writing Task 2 yang baik.

1. Analisis Soal/Topik Dengan Baik

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah membaca dan menganalisis soal/topik yang diberikan dengan baik. Karena dengan begitu kamu akan tahu esai seperti apa yang harus dibuat dan tidak keluar dari soal/topik yang ditanyakan. Untuk menganalisa soal/topik yang diberikan dengan baik, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan, yaitu:

  • Cari kata kunci
  • Identifikasi topik utama
  • Identifikasi topik khusus
  • Identifikasi perintah/pertanyaan

2. Buat Kerangka Esai

Selanjutnya kamu bisa membuat kerangka esai yang akan kamu tulis. Untuk menulis esai IELTS Writing Task 2 yang menarik, mudah, dan sesuai dengan topik, berikut langkah-langkah yang bisa kamu lakukan:

  • Susun esai menjadi 5 paragraf, terdiri dari pendahuluan, isi, dan penutup.
  • Tujuan paragraf pendahuluan adalah untuk menunjukkan topik secara jelas.
  • Pada paragraf isi pada esai, terdapat 3 ide utama yang dibagi menjadi 3 paragraf, yaitu 2 paragraf yang merupakan ide utama yang mendukung opini penulis dan 1 ide utama lainnya untuk penyeimbang dengan alternatif pandangan/opini.
  • Pada bagian paragraf penutup, berisikan kesimpulan yang berisi minor poin yang tidak dikembangkan secara utuh dan pandangan yang berisikan pengandaian.

3. Menggunakan Beragam Kosakata dan Essential Grammar

Menggunakan beragam kosakata akan sangat berpengaruh pada skor esaimu nanti. Jadi penting untuk menggunakan beragam kosakata seperti memakai semua kosakata yang kamu ketahui, menggunakan sinonim dan juga antonim untuk memperkaya tulisan esaimu, dan menggunakan linking words atau kata hubung untuk membuat tulisan mu lebih runut. Selain itu penting juga untuk menggunakan grammar/struktur kalimat yang bervariatif untuk menunjukkan kalau kamu sudah sangat paham dengan grammar atau struktur kalimat dalam bahasa Inggris.

4. Gunakan Bahasa Inggris yang Baik dan Formal

Tujuan dari IELTS Writing Test adalah untuk menguji seberapa baik kemampuan menulismu. Jadi gaya bahasamu haruslah formal, seperti:

  • Hindari contraction; misalnya kamu harus menulis do not dan will not, bukannya malah menulis don’t atau won’t.
  • Hindari spoken language, contohnya seperti I wanna atau I’m gonna.
  • Hindari penulisan subjektif dan jangan gunakan contoh yang terlalu bersifat pribadi

5. Periksa Kembali Tulisanmu

Sebelum kamu menyerahkannya kepada examiner, jangan lupa untuk membaca ulang tulisan yang sudah kamu buat. Hal ini agar kamu bisa meminimalisasi kesalahan kamu, seperti pengulangan kosakata dan kesalahan penggunaan grammar, sehingga nantinya kamu bisa mendapatkan skor yang baik. Ada baiknya juga untuk membuat mental checklist, seperti:

  • Apakah kamu sudah menjawab semua pertanyaan yang diajukan?
  • Apakah kamu sudah menulis paling tidak 250 kata?
  • Apakah ide-ide yang kamu gunakan mengalir dengan baik dan masuk akal?
  • Apakah kamu sudah mendukung pendapatmu dengan contoh yang relevan?
  • Apakah kamu sudah menulis dan memastikan introduction dan conclusion dengan jelas?
  • Apakah kamu sudah menggunakan tanda baca dengan benar?

writing task 2 ielts

Baca juga : IELTS Academic vs IELTS General Training – Mana yang harus dipilih?

Kesalahan yang Sering Terjadi saat Mengerjakan IELTS Writing Task 2

Kesalahan umum yang sering dilakukan oleh para peserta saat mengerjakan IELTS Writing Task 2 adalah memulai paragraf pembuka dengan kata Nowadays atau In modern life, lalu diikuti dengan informasi umum mengenai topik yang diberikan. Hal yang harus kamu, para peserta, ingat adalah kamu harus menjawab pertanyaan dari topik yang diberikan bukan menulis tentang topik yang diberikan secara umum. Selain itu ada beberapa kesalahan umum lainnya yang sering dilakukan oleh para peserta, yaitu:

  • Kurang memahami soal/topik

Kesalahan pertama yang bisa berakibat fatal untuk seluruh isi tulisan esai kamu adalah kurangnya pemahaman kamu terhadap soal/topik yang diberikan. Dalam Writing Task 2, biasanya kamu akan diminta untuk menuliskan argumen kamu. Kalau kamu bahkan tidak mengerti akan pokok masalah dari soal/topik yang diberikan, maka jangan berharap bisa memberikan argumentasi yang mendukung pendapatmu.

  • Kerangka tulisan yang berantakan

Banyak banget dari kamu yang sebelumnya tidak pernah menulis dalam bahasa Inggris sebelum melakukan IELTS Writing Test, akan langsung menulis sesuka hati tanpa memperhatikan kerangka tulisannya. Dan itu akan membuat tulisan kamu menjadi berantakan dan sulit untuk menemukan gagasan utamanya.

  • Tidak memasukkan thesis statement

Jika saat menulis esai di IELTS Writing Task 2, kamu tidak memasukkan thesis statement setidaknya 1 kalimat saja, maka kamu berpotensi kehilangan nilai. Karena thesis statement merupakan salah satu kalimat terpenting dalam esai.

  • Menggunakan bahasa yang informal

Dalam menulis esai , kamu harus menggunakan kalimat baku dan formal. Jadi menggunakan bahasa informal bisa membuat kamu kehilangan nilai. Lebih baik kamu menulis esai dengan bahasa baku dan terkesan membosankan, karena bisa membantumu mendapatkan nilai yang lebih tinggi.

Baca juga : Persiapan IELTS yang Efektif: Menaklukkan Setiap Bagian Tes dengan Percaya Diri

English Cafe Bali Membantumu Menghadapi IELTS Writing Task 2

Kamu merasa kurang percaya diri dalam menghadapi IELTS Writing Test, terutama IELTS Writing Task 2? Lalu kamu juga takut akan gagal untuk mencapai skor harapan kalian? Mengikuti kursus persiapan IELTS akan sangat bermanfaat bagi kamu lho. Kelas persiapan IELTS biasanya akan dibimbing oleh pengajar berpengalaman yang dapat memberikan panduan, umpan balik secara langsung, strategi yang berguna, dan juga simulasi-simulasi tes.

promo english cafe bali

English Café Bali adalah lembaga kursus bahasa Inggris professional bernuansa café yang nyaman dan mengedepankan proses belajar mengajar yang relax, fun, dan creative. Tersedia berbagai pilihan program kursus yang bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu seperti: General English (bahasa Inggris umum), English for Specific Purpose (bahasa Inggris bidang pekerjaan tertentu), serta IELTS dan TOEFL preparation.

Guru-guru yang profesional dan sudah tersertifikasi siap membantu membimbingmu. Jadwal kursus yang fleksibel dapat memudahkanmu dalam mengatur waktu kursus dan bisa disesuaikan dengan kesibukanmu. Kamu juga berkesempatan untuk mengikuti TES BAHASA INGGRIS GRATIS!

Dengan pengalaman lebih dari 10 tahun dalam memberikan pelayanan terbaik kepada para peserta kursus, English Cafe Bali mampu mendapatkan kepercayaan masyarakat Bali yang dibuktikan dengan skor 4,8* untuk tingkat kepuasan klien.

Hubungi kami segera di WhatsApp, telepon 0361481910, atau email ke [email protected] untuk ambil kelas Bahasa Inggrismu dan dapatkan promo menarik tiap bulannya. GARANSI 100% UANG KEMBALI jika kamu tidak puas dengan kualitas pengajar, sistem pembelajaran dan pelayanan English Cafe Bali. NO HURT FEELING GUARANTEED.

WE WILL GET YOU ADDICTED TO ENGLISH!

Gede Murta

Gede Murta

Menghabiskan waktu 10 tahun untuk mengajar bahasa inggris. Bagi saya mengajar adalah salah satu cara berbagi ilmu dan hidup "abadi". Berbagi ilmu tentang program IELTS dan TOEFL Preparation, General English, ESP atau English for Specific Purposes adalah sesuatu yang fun.

Leave a Comment

Jangan ragu! Mulai perjalananmu menuju kemahiran bahasa inggris yang lebih baik

Yuk daftar kursus bahasa inggris sekarang bersama English Cafe dan dapatkan VOUCHER CASHBACK PROMO AMAYZING DEAL SEBESAR Rp. 500.000 di semua program kursus.