fbpx

Manfaat Fasih Berbahasa Inggris

Gede Murta

Setiap orang punya tujuan, setiap orang juga punya mimpi. Tapi kenapa masih saja ada orang yang pesimis dengan tujuan hidup mereka? Sebut saja hal yang paling sederhana, yaitu keinginan untuk belajar berbahasa Inggris. Belajar bahasa sama seperti kebutuhan pokok, dan untuk melakukan hal tersebut tentu didasari oleh keinginan seseorang untuk bisa bersosialisasi secara global. Masih menganggap bahasa Inggris itu spele? Coba deh kalian buktikan ketika masuk ke dunia kerja. Semua lowongan kerja menambahkan syarat ‘bisa berbahasa Inggris’. Jika kalian masih belajar bahasa Inggris hanya sekedar mendapat nilai UN yang bagus, coba cek beberapa manfaat lain belajar bahasa Inggris disini!

Tujuan Akademis

Tak bisa dipungkiri, yang namanya siswa baik dari SD (bahkan ada yang mulai dari TK atau Playgroup) sampai anak kuliah wajib hukumnya mempelajari bahasa Inggris. Mata pelajaran yang menjadi momok setelah Matematika itu mendapat perhatian khusus dalam kurikulum pendidikan. Kalau siswa bisa mendapatkan nilai yang tinggi dalam ujian akhir bahasa Inggris, tentu bisa meningkatkan prestise atau gengsi dalam diri siswa tersebut. Nah, lain halnya dengan mahasiswa, mereka diwajibkan untuk mempelajari buku modul dalam bahasa Inggris walupun mereka bukan mahasiswa jurusan bahasa/sastra Inggris. Bahkan cukup banyak mahasiswa kedokteran dibiasakan untuk membuat jurnal ilmiah kesehatan dalam bahasa Inggris.

Pengembangan Karier

Selesai menempuh kuliah S1 atau D3, kalian pasti akan memasuki dunia kerja. Kebanyakan bisnis baik skala lokal, nasional maupun internasional dilakukan dalam bahasa Inggris. Terlebih jika kalian tinggal di lingkungan pariwisata seperti Bali, banyak peluang untuk mengembangkan karier, jika menguasai bahasa Inggris. Sejumlah perusahaan bergengsi bahkan sekarang menetapkan nilai IELTS atau TOEFL minimum bagi para calon pelamar pekerjaan.

Dunia kerja akan tergiur oleh orang-orang yang memahami berbahasa Inggris. Kecakapan berbahasa Inggris tentunya akan memberikan nilai lebih bagi calon pelamar kerja, Mereka akan lebih dipandang mampu berkompetisi dalam dunia kerja. Jadi dengan kemampuan Bahasa Inggris yang baik, pekerjaanlah yang datang mencari pelamar, bukan sebaliknya. Nah, apakah kalian siap?

Kesempatan Emas Belajar ke Luar Negeri

Pernah lihat orang diterima beasiswa keluar negeri karena kemampuan bahasa Inggris yang baik? Hal itu memang benar adanya. Salah satu syarat yang harus dipenuhi adalah tes TOEFL. Tes ini mengukur seberapa kemempuan kita dalam berbahasa Inggris. Tentunya kita harus mahir bahasa Inggris agar bisa lulus tes ini.

Kemampuan bahasa Inggris yang baik sekarang dianggap sebagai sebuah penentu jalan pendidikan kita terutama beasiswa. Kalau anda mempunyai cita-cita besar di kemudian hari, misalnya mendapatkan beasiswa atau melanjutkan pendidikan keluar negeri dengan biaya sendiri, kuasailah bahasa Inggris. Jangan malas berlatih bersama teman, jangan hanya belajar sendiri tetapi ambil kursus singkat dengan tutor berpengalaman. Dengarkan lagu bahasa Inggis, amati kata-katanya, dan ambil pelajaran dari semua itu. Rajin membaca dan seringlah menulis, demi pendidikan yang lebih baik.