fbpx

IELTS Academic or General Training: Yang mana harus saya ambil?

Gede Murta

IELTS Academic or General Training: Yang mana harus saya ambil? Pahami dulu apa tujuan dari tes IELTS. Tes IELTS digunakan untuk mengetahui kemampuan berbahasa Inggris seseorang. Orang-orang yang mengambil tes IELTS biasanya berencana untuk melanjutkan pendidikan atau bekerja di negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama. Namun dengan kurangnya informasi, masih banyak orang yang bingung apakah mereka harus mengikuti tes IELTS Academic atau General Training.

Cari tahu IELTS mana yang kamu butuhkan

[fusion_button link=”https://www.englishcafe.co.id/contact/” text_transform=”” title=”” target=”_self” link_attributes=”” alignment=”center” modal=”” hide_on_mobile=”small-visibility,medium-visibility,large-visibility” class=”” id=”” color=”custom” button_gradient_top_color=”#ffeb3b” button_gradient_bottom_color=”#ffeb3b” button_gradient_top_color_hover=”#607d8b” button_gradient_bottom_color_hover=”#607d8b” accent_color=”#000000″ accent_hover_color=”#ff9800″ type=”3d” bevel_color=”#ff9800″ border_width=”” border_radius=”” border_color=”#607d8b” border_hover_color=”#ff9800″ size=”” stretch=”no” icon=”” icon_position=”left” icon_divider=”no” animation_type=”” animation_direction=”left” animation_speed=”0.3″ animation_offset=””]Konsultasikan IELTS[/fusion_button]

 

A. IELTS Academic

Tes ini khusus untuk mereka yang ingin melanjutkan pendidikan ke negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama dan bahasa pengantar dalam proses belajar-mengajar. Untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang universitas atau kursus singkat di luar negeri, calon siswa diwajibkan untuk mengambil tes IELTS Academic sebagai salah satu syarat kelengkapan administrasi. Biasanya skor IELTS yang dibutuhkan berkisar antara 5.5 sampai 6.5 tergantung dari jurusan yang dicari. Bahkan beberapa institusi meminta skor IELTS 7 sebagai persyaratannya.

Yang membedakan IELTS Academic dan General Training hanya pada bagian reading dan writing. Pada bagian reading, akan berisi teks yang kompleks dan menantang serta pertanyaan-pertanyaan yang cukup memusingkan jika kamu tidak mempersiapkan diri dengan baik. Sedangkan di bagian writing, kamu akan disediakan grafik dan kemampuan menulismu akan dianalisa dari caramu menjelaskan isi dari grafik itu dengan membuat tulisan singkat, sebagai contoh, tidak lebih dari 250 kata.

Baca juga:

Materi belajar IELTS Academic

Pertanyaan umum yang ditanyakan orang tentang IELTS

 

B. IELTS General Training

Tes ini secara umum bisa dikatakan lebih mudah dari IELTS Academic karena hanya bertujuan untuk mengukur kemampuanmu berbahasa Inggris dalam konteks kehidupan sehari-hari, seperti di lingkungan kerja atau interaksi sosial. Tes ini dikhususkan untuk mereka yang ingin bekerja di negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama. Selain sebagai standar kemampuan berbahasa Inggris, IELTS General Training juga bisa digunakan sebagai kelengkapan administrasi bagi mereka yang akan mengurus imigrasi ke negara-negara seperti Australia, New Zealand, Canada, atau UK. Skor yang dibutuhkan tergantung dari kebijakan negara masing-masing.

Pada IELTS General Training, tes reading dan writing lebih mudah daripada Academic. Di bagian reading, kamu akan disediakan teks yang lebih pendek dan mudah dicerna. Jenis teks yang disediakan biasanya berhubungan dengan dunia kerja dan kehidupan sehari-hari. Sementara itu di bagian writing kamu akan diminta menjelaskan kembali sebuah topik yang biasanya tidak jauh dari kehidupan sehari-hari.

Itulah penjelasan mengenai IELTS Academic vs IELTS General Training

Baca juga;

Materi belajar IELTS GT General Training

Mitos dan fakta tentang IELTS

 

Bahasa inggris masih low apalagi ingin ikut IELTS?

Wajar saja karena banyak sebab. Yang pertama adalah karena kamu kurang terbiasa dengan bahasa inggris. Smartphone kamu saja masih berbahasa Indonesia. Sebab yang keduanya itu karena kamu adalah tipe gerak. Kamu tipe yang harus belajar dan dijelaskan langsung oleh guru secara fun dan sekaligus langsung praktik. Dan sebab yang terakhir adalah kamu takut mencoba ikut kursus bahasa inggris.

Kamu tidak salah. Banyak orang juga takut kursus bahasa inggris. Takut harganya mahal dan tidak sesuai hasil. Tidak berani membuat kesalahan saat belajar di tempat kursus yang ramai dan guru yang galak. Ragu akan jadwal dan waktu luangmu yang tidak sesuai dan tidak cukup. Yang terakhir adalah kamu takut bosan dengan pembelajarannya.

Solusinya untuk bisa bahasa inggris adalah dibawah ini 

  1. Pertama kamu ganti bahasa smartphone kamu menjadi English. 
  2. Kedua, ikut kursus bahasa inggris yang jadwalnya fleksibel tanpa takut hangus. 
  3. Ketiga pilih sistem private atau kelas kecil biar lebih bebas. 
  4. Pilih kursus bahasa inggris online zoom yang langsung face to face dengan gurunya jika kamu tidak bisa datang langsung. 
  5. Cari kursus bahasa Inggris yang BERANI Memberi JAMINAN UANG KEMBALI. Di English Cafe kami jamin 100% UANG KEMBALI. Jika kamu tidak sreg dengan kualitas tutor dan module kami.

[fusion_button link=”https://www.englishcafe.co.id/kursus-online-gratis-english-cafe/” text_transform=”” title=”” target=”_self” link_attributes=”” alignment=”center” modal=”” hide_on_mobile=”small-visibility,medium-visibility,large-visibility” class=”” id=”” color=”custom” button_gradient_top_color=”#ffeb3b” button_gradient_bottom_color=”#ffeb3b” button_gradient_top_color_hover=”#607d8b” button_gradient_bottom_color_hover=”#607d8b” accent_color=”#000000″ accent_hover_color=”#ff9800″ type=”” bevel_color=”” border_width=”” border_radius=”” border_color=”#607d8b” border_hover_color=”#ff9800″ size=”” stretch=”no” icon=”” icon_position=”left” icon_divider=”no” animation_type=”” animation_direction=”left” animation_speed=”0.3″ animation_offset=””]Coba Sekarang[/fusion_button]

 

Di English Cafe, kita adalah professional di program belajar Bahasa Inggris On-line. Semua program Bahasa Inggris seperti IELTS/TOEFL, Speaking atau Conversational kelas, General dan program special untuk karyawan, hospitality dan medical semua tersedia.

Program kita juga bisa di custom sesuai permintaan kamu. Semua tutor kami qualified dan terakreditasi.

Ambil program kami dan kami jamin 100% UANG KEMBALI jika kamu tidak puas dengan kualitas tutor, sistem pengajaran kami dan platform kami. NO HURT FEELING GUARANTEED

Leave a Comment