Hey guys, what’s up? Whatcha doin? What are you up to? How are you doing? How’s life?

I’m sure that all of you have ever heard about these.

Dulu di sekolah, saya seakan mendapatkan rumus paten bahwa untuk bertanya kabar dalam bahasa Inggris adalah,”How are you?” dan untuk jawaban sejuta umat dikenalkanlah “I’m fine, thank you. And you?

Well, membahas tentang memulai obrolan dengan turis asing di dunia maya, banyak sekali kata sapaan informal yang bisa digunakan. Selain akronim dalam chat atau sosial media yang sudah dijelaskan disini, sapaan juga sering kali menggunakan kata-kata yang tidak ada dalam kamus atau slang. Nah, ketika perkembangan internet sudah semakin menjadi-jadi, untuk beberapa saat saya kecanduan chatting, social media, dan email dengan teman bule di dunia maya. Hasilnya, memulai percakapan selalu diawali dengan sapaan yang berbeda-beda oleh setiap teman yang saya temui, mulai dari What’s up, Whatcha doin, How’s life, etc. Kata slang “what’s up” sendiri mulanya cukup membuat bingung, karena arti sebenarnya adalah: Ada apa di atas?

Tahukah Anda, bahwa “What are you doing?“; “What have you been doing?“; “What is going on (with your life)?” merupakan bentuk formal dari pertanyaan “What’s up?”
Sementara itu untuk kata “What’s up?” terbentuk dari “What are you up to? atau “What’ve you been up to?” yang merupakan pertanyaan secara non-formal.
Ada pula kalimat “What are you doing?” kadang disingkat “What’cha doin’?” atau “Whatcha doin’?“. ‘Whatcha’ di sini merupakan singkatan dari ‘What are you’ sedangkan ‘doin’’ dari ‘doing’. ‘Whatcha’ juga menjadi singkatan di pertanyaan-pertanyaan lain yang menggunakan ‘What are you’ atau ‘What is your’, misalnya “Whatcha writing now

Dalam situasi informal, what’s up bisa digunakan oleh sesama teman akrab (jangan gunakan dalam situasi informal, ya!) dan kurang lebih bermakna “Lagi ngapain?” sementara jawaban yang umum kalau Anda tidak sedang mengerjakan apapun, katakan saja,”Nothing much” atau “Not much“. Jangan lupa tambahkan kondisi Anda saat itu, sehingga ada bahan untuk ditanyakan oleh lawan bicara.

Bagaimana dengan seseorang yang memulai dengan kata how? Guys, ada dua gaya menyapa dalam bahasa Inggris: yang pertama dimulai dengan “how”, yang lainnya dengan “what.” Contoh yang umum adalah “How are you?”, “How’s it going?”, “How’ve you been?” juga “What’s up?”, “What’s going on?” dan “What’ve you been up to?”.
Untuk sapaan dengan “how”, kurang lebih secara keseluruhan bermakna “Apa kabar?” sehingga Anda mungkin merespon dengan kata sifat seperti “Good“, “Great“, “Bored“, “I’m very well” atau bahkan “Exhausted!“.

Mungkin beberapa contoh percakapan di bawah bisa memberi gambaran bagi Anda kapan saat untuk menggunakan kata What’s up.

Person #1: Hey There! What’s up?
Person #2: Oh not much. What’s up with you?

Person #1: Hey come here for a second, I have to ask you something.
Person #2: Ok, what’s up?

…. and, don’t let your conversation ends with an awkward silence.

So, are you ready to say What’s Up to everyone? 🙂

Pingin belajar bahasa Slang dalam bahasa Inggris? Pingin suatu percakapan tidak terkesan kaku dan awkward? Yuk datang ke English Cafe, dan coba free trial dari kami. Dijamin gratis 100%.