fbpx

Arti sapaan what’s up dan penggunaanya dalam percakapan

Gede Murta

Arti sapaan what’s up dan penggunaanya dalam percakapan. Banyak yang bingung dengan arti sapaan what’s up? What’s up artinya mirip dengan what’s going on. Hanya berbeda pada sempit dan luas maknanya. Hampir semua orang yang belajar bahasa inggris dari buku, lagu, dan film, pernah mendengar kata Hey guys, what’s up? Whatcha doin? What are you up to? How are you doing? How’s life?. Jika kamu salah satu diantaranya, itu artinya kamu belajar bahasa inggris dengan baik. Karena terkadang banyak siswa yang hanya terpaku pada satu ungkapan saja yaitu “How are you?”.

 

A. Kebiasaan di Sekolah

Dulu di sekolah, kita seperti mendapatkan rumus paten bahwa untuk bertanya kabar dalam bahasa Inggris adalah, “How are you?” dan untuk jawaban sejuta umat dikenalkanlah “I’m fine, thank you. And you?” Ungkapan ini tidaklah salah, namun juga tidak dianjurkan untuk digunakan setiap saat. Bahasa itu adalah suatu hal yang fleksibel, artinya ia bisa mengalami penambahan atau perubahan seiring waktu dan tempat. Sesuaikanlah kata – katanya dengan situasi dan kondisi percakapan yang berlangsung. Oleh karena itu, gunakanlah salam sapaan lainnya sebagai variasi. 

 Baca juga: Cara lain mengatakan How are you?

B. Arti sapaan What’s Up?

Arti sapaan what’s up? hampir mirip dengan “how are you” yang berarti apa kabar. Perbedaannya hanya terletak pada luas dan sempit maknanya. What’s up lebih luas maknanya dan dapat berarti apa saja sedangkan “what’s going on” lebih menekankan pada kejadian yang sedang berlangsung. Sebenarnya banyak sekali singkatan dan ungkapan yang hampir mirip.

Baca juga: Berbagai singkatan – singkatan dalam bahasa inggris

Well, membahas tentang memulai obrolan dengan turis asing di dunia maya, banyak sekali kata sapaan informal yang bisa digunakan. Selain akronim dalam chat atau sosial media yang sudah dijelaskan. Sapaan juga sering kali menggunakan kata-kata yang tidak ada dalam kamus atau slang. Nah, ketika perkembangan internet sudah semakin menjadi-jadi, untuk beberapa saat saya kecanduan chatting, social media, dan email dengan teman bule di dunia maya. Hasilnya, memulai percakapan selalu diawali dengan sapaan yang berbeda-beda oleh setiap teman yang saya temui, mulai dari What’s up, Whatcha doin, How’s life, etc. Kata slang “what’s up” sendiri mulanya cukup membuat bingung, karena arti sebenarnya adalah: Ada apa di atas?

 

C. Tahukah kamu?

Tahukah kamu, bahwa “What are you doing?“; “What have you been doing?“; “What is going on (with your life)?” merupakan bentuk formal dari pertanyaan “What’s up?”

Sementara itu untuk kata “What’s up?” terbentuk dari “What are you up to? atau “What’ve you been up to?” yang merupakan pertanyaan secara non-formal.

Ada pula kalimat “What are you doing?” kadang disingkat “What’cha doin’?” atau “Whatcha doin’?“. ‘Whatcha’ di sini merupakan singkatan dari ‘What are you’ sedangkan ‘doin’’ dari ‘doing’. ‘Whatcha’ juga menjadi singkatan di pertanyaan-pertanyaan lain yang menggunakan ‘What are you’ atau ‘What is your’, misalnya “Whatcha writing now

Dalam situasi informal, what’s up bisa digunakan oleh sesama teman akrab (jangan gunakan dalam situasi informal, ya!) dan kurang lebih bermakna “Lagi ngapain?” sementara jawaban yang umum kalau Anda tidak sedang mengerjakan apapun, katakan saja,”Nothing much” atau “Not much“. Jangan lupa tambahkan kondisi Anda saat itu, sehingga ada bahan untuk ditanyakan oleh lawan bicara.

Baca juga: Expression of greeting dan leave taking

 

D. Pilih What’s up atau How’s it going?

Bagaimana dengan seseorang yang memulai dengan kata how? Guys, ada dua gaya menyapa dalam bahasa Inggris: yang pertama dimulai dengan “how”, yang lainnya dengan “what.” Contoh yang umum adalah “How are you?”, “How’s it going?”, “How’ve you been?” juga “What’s up?”, “What’s going on?” dan “What’ve you been up to?”.

Untuk sapaan dengan “how”, kurang lebih secara keseluruhan bermakna “Apa kabar?” sehingga Anda mungkin merespon dengan kata sifat seperti “Good“, “Great“, “Bored“, “I’m very well” atau bahkan “Exhausted!“.

Mungkin beberapa contoh percakapan di bawah bisa memberi gambaran bagi Anda kapan saat untuk menggunakan kata What’s up.

Person #1: Hey There! What’s up?

Person #2: Oh not much. What’s up with you?

Person #1: Hey come here for a second, I have to ask you something.

Person #2: Ok, what’s up?

…. and, don’t let your conversation ends with an awkward silence.

 Baca juga: Cara lain mengatakan nice to meet you

Masih belum paham juga?

Wajar saja karena banyak sebab. Yang pertama adalah karena kamu kurang terbiasa dengan bahasa inggris. Smartphone kamu saja masih berbahasa Indonesia. Sebab yang keduanya itu karena kamu adalah tipe gerak. Kamu tipe yang harus belajar dan dijelaskan langsung oleh guru secara fun dan sekaligus langsung praktik. Dan sebab yang terakhir adalah kamu takut mencoba ikut kursus bahasa inggris.

Kamu tidak salah. Banyak orang juga takut kursus bahasa inggris. Takut harganya mahal dan tidak sesuai hasil. Tidak berani membuat kesalahan saat belajar di tempat kursus yang ramai dan guru yang galak. Ragu akan jadwal dan waktu luangmu yang tidak sesuai dan tidak cukup. Yang terakhir adalah kamu takut bosan dengan pembelajarannya.

Solusinya untuk bisa bahasa inggris adalah dibawah ini 

  1. Pertama kamu ganti bahasa smartphone kamu menjadi English. 
  2. Kedua, ikut kursus bahasa inggris yang jadwalnya fleksibel tanpa takut hangus. 
  3. Ketiga pilih sistem private atau kelas kecil biar lebih bebas. 
  4. Pilih kursus bahasa inggris online zoom yang langsung face to face dengan gurunya jika kamu tidak bisa datang langsung. 
  5. Cari kursus bahasa Inggris yang BERANI Memberi JAMINAN UANG KEMBALI. Di English Cafe kami jamin 100% UANG KEMBALI. Jika kamu tidak sreg dengan kualitas tutor dan module kami.

[fusion_button link=”https://www.englishcafe.co.id/kursus-online-gratis-english-cafe/” text_transform=”” title=”” target=”_self” link_attributes=”” alignment=”center” modal=”” hide_on_mobile=”small-visibility,medium-visibility,large-visibility” class=”” id=”” color=”custom” button_gradient_top_color=”#ffeb3b” button_gradient_bottom_color=”#ffeb3b” button_gradient_top_color_hover=”#607d8b” button_gradient_bottom_color_hover=”#607d8b” accent_color=”#000000″ accent_hover_color=”” type=”3d” bevel_color=”#ff9800″ border_width=”” border_radius=”” border_color=”” border_hover_color=”” size=”” stretch=”no” icon=”” icon_position=”left” icon_divider=”no” animation_type=”” animation_direction=”left” animation_speed=”0.3″ animation_offset=””]Coba Sekarang[/fusion_button]

Di English Cafe, kita adalah professional di program belajar Bahasa Inggris On-line. Semua program Bahasa Inggris seperti IELTS/TOEFL, Speaking atau Conversational kelas, General dan program special untuk karyawan, hospitality dan medical semua tersedia.

Program kita juga bisa di custom sesuai permintaan kamu. Semua tutor kami qualified dan terakreditasi.

Ambil program kami dan kami jamin 100% UANG KEMBALI jika kamu tidak puas dengan kualitas tutor, sistem pengajaran kami dan platform kami. NO HURT FEELING GUARANTEED

Leave a Comment