Belajar Question Tags Dengan Mudah Dan Menyenangkan

Gede Murta

Belajar Question Tags Dengan Mudah Dan Menyenangkan

Belajar Question Tags Dengan Mudah Dan Menyenangkan

Pasti kamu pernah membaca teks dalam bahasa Inggris dan menemukan kalimat seperti ini “You like ice cream, don’t you?” atau jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia akan menjadi “Kamu suka es krim, kan?”. Nahh kalimat tersebut adalah contoh dari question tags atau yang biasa dikenal dengan sebutan pertanyaan pendek dalam bahasa Indonesia. Pasti ada beberapa dari kalian yang bertanya, “emang question tags itu penting ya?”. Jawabannya tentu saja. Ini karena biasanya kita perlu untuk mengkonfirmasi kebenaran akan suatu hal dan hal itu bisa dilakukan dengan menggunakan jenis pertanyaan pendek ini.

Nah pada artikel ini English Cafe Bali sebagai salah satu tempat terbaik dan menyenangkan untuk kursus bahasa inggris di Bali akan menjelaskan semua hal mengenai pertanyaan pendek ini, mulai dari definisi, kegunaan, hingga contoh-contohnya. Penasaran? Mari simak penjelasan selengkapnya berikut ini!

  1. Apa Yang Dimaksud Dengan Question Tags?
  2. Bagaimana Cara Pembuatan Question Tags?
  3. English Cafe Bali Membantumu Belajar Question Tags Dengan Mudah Dan Menyenangkan

Mengetahui tentang apa itu Question Tags dan cara membuatnya dalam bahasa Inggris bersama English Cafe Bali, disini!

Apa Yang Dimaksud Dengan Question Tags?

Apa Yang Dimaksud Dengan Question Tags?

Question tags? Apa sih itu? Yang dimaksud dengan question tags adalah sebuah pertanyaan pendek yang biasanya terdapat di akhir sebuah kalimat yang biasanya digunakan untuk mengkonfirmasi atau meminta persetujuan. Atau bisa juga diartikan sebagai kata-kata penekanan yang ditambahkan pada akhir kalimat, untuk menanyakan persetujuan atau mengkonfirmasi sesuatu saat kita berbicara dengan orang lain. Sama seperti idiom, pertanyaan ini sering digunakan oleh para penutur asli dalam percakapan sehari-hari.

Secara sederhananya, berarti merubah pernyataan menjadi sebuah pertanyaan. Karena dengan menggunakannya kita bisa mengecek apakah pernyataan yang kita bicarakan benar atau tidak. Ini dapat digunakan juga diberbagai macam situasi, seperti ketika kamu ingin memastikan sesuatu, meminta persetujuan, dan bahkan ketika sedang melontarkan candaan kepada teman. Dan membuatnya pun sangat mudah, hanya dengan menambahkan koma di akhir pernyataan lalu tambahkan pertanyaan pendek ini. Yang mana question tags biasanya terdiri dari gabungan antara auxiliary verbs dan pronouns. Dan perlu kamu ingat ya, jika bentuknya itu akan selalu mengikuti bentuk “to be” atau “to have” pada kalimat pernyataan yang kamu lontarkan.

Baca juga : Modal Auxiliary Verbs (Can, Could, May, Might) Beserta Contohnya

Bagaimana Cara Pembuatan Question Tags?

Sekarang kamu sudah mengetahui apa itu question tags/pertanyaan pendek kan? Sebelum kamu mencoba untuk membuat dan menggunakannya dalam kehidupan atau percakapan sehari-hari, kamu perlu untuk mengetahui beberapa peraturan dan juga jenis-jenisnya terlebih dahulu, yang juga akan mempengaruhi pembuatan atau contoh-contoh dari pertanyaan pendek itu sendiri.

1. Aturan pembuatan

Nahh sebelum kita masuk ke contoh-contohnya ada beberapa aturan yang berlaku ketika kamu ingin membuat question tags ini, yaitu:

  • Jika kalimat pernyataan bahasa Inggris yang kamu ucapkan mengandung linking verb “be” (am, are, is, was, were), maka kata tanyanya pun menggunakan “be”.
  • Jika kalimatnya mengandung primary auxiliary verb (be, do, have) ataupun mengandung modal auxiliary verb (will, would, may, might, can, could, shall, should), maka pertanyaannya menggunakan auxiliary verb.
  • Jika kalimatnya menggunakan main verb selain linking verb “be” dan tanpa didampingi auxiliary verb, maka do/does/did yang akan digunakan untuk membuat question tagsnya.
  • Jika kalimatnya berupa larangan ataupun perintah, maka question tags yang digunakan menggunakan will you.
  • Kamu harus menggunakan “they” dalam question tags, jika kalimat pernyataan yang kamu buat menggunakan subjek yang tidak spesifik seperti nobody, everybody, no one, and everyone.

2. Jenis-jenis

Setelah mengetahui beberapa peraturan dalam pembuatannya, sekarang kita akan membahas mengenai contoh-contohnya. Untuk contoh-contoh question tags, biasanya dibagi menjadi beberapa jenis. Apa saja? Yuk simak berikut ini!

  • Positive statement, negative question tags (Pernyataan positif, pertanyaan negatif)

Kalau kalimat pernyataan yang kamu buat itu dalam bentuk positif, maka question tags yang kamu gunakan adalah yang negatif.

Contoh:

“She likes candy, doesn’t she?”

Nah pada kalimat di atas “She likes candy” merupakan kalimat positif dan “doesn’t she?” merupakan pertanyaan pendek negatif.

  • Negative statement, positive question tags (Pernyataan negatif, pertanyaan positif)

Maka terjadi sebaliknya, kalau pernyataan yang kalian buat berbentuk negatif maka question tags yang harus kamu gunakan adalah yang positif.

Contoh:

“You don’t like her, do you?”

Pada kalimat di atas “You don’t like her” adalah kalimat negatif dan “do you?” merupakan kalimat pertanyaan pendek negatif.

  • Imperative statement question tags (Pernyataan perintah atau ajakan)

Selain untuk pernyataan positif dan negatif, question tags juga bisa digunakan dalam kalimat perintah dan juga ajakan lhoo.

Contoh:

“Open the window, will you?”

“Let’s go to the cinema, shall we?”

Kalimat “Open the window, will you?” merupakan kalimat perintah, sedangkan kalimat “Let’s go to the cinema, shall we?” merupakan kalimat ajakan.

Mau tahu sebaik apa kemampuan berbahasa Inggrismu? Yuk tes kemampuan berbahasa Inggris bersama English Cafe Bali. Tanpa ribet dan pastinya gratis!

tes kemampuan bahasa inggris

  • Positive statement with positive question tags (Pernyataan positif dengan pertanyaan positif)

Berbeda dengan jenis yang pertama, jenis ini sedikit berbeda ya. Kenapa? Alasannya karena kalimat berikut ini untuk mengekspresikan rasa tertarik, marah, ataupun kaget.

Contoh:

“She is going ahead with her decision, is she?” (Pertanyaan pendek “is she?” tersebut untuk menunjukkan rasa tertarik kita akan sesuatu)

“You think this is a joke, do you?” (Pada kalimat tersebut, pertanyaan pendek “do you?” untuk mengekspresikan rasa marah kita akan sesuatu)

“So this is the way it is going to be from now on, is it?” (Di kalimat ini, pertanyaan pendek “is it?” digunakan untuk menunjukkan keterkejutan akan suatu hal)

Baca juga : Belajar “Question Tags” dengan Lagu

English Cafe Bali Membantumu Belajar Question Tags Dengan Mudah Dan Menyenangkan

Merasa belum paham juga mengenai apa yang dibahas pada artikel kali ini? Mengikuti kursus Bahasa Inggris akan menjadi salah satu solusi terbaik untukmu. Karena dengan mengikuti kursus Bahasa Inggris bisa membantumu mempelajari materi mengenai question tags lebih baik. Selain itu kamu juga akan dibimbing oleh pengajar berpengalaman yang dapat memberikan panduan dan umpan balik secara langsung, serta materi Bahasa Inggris lainnya yang ingin kalian ketahui selain question tags.

English Café Bali adalah lembaga kursus bahasa Inggris professional bernuansa café yang nyaman dan mengedepankan proses belajar mengajar yang relax, fun, dan creative. Tersedia berbagai pilihan program kursus yang bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu seperti: General English (bahasa Inggris umum), English for Specific Purpose (bahasa Inggris bidang pekerjaan tertentu), serta IELTS dan TOEFL preparation.

Guru-guru yang profesional dan sudah tersertifikasi siap membantu membimbingmu. Jadwal kursus yang fleksibel dapat memudahkanmu dalam mengatur waktu kursus dan bisa disesuaikan dengan kesibukanmu. Kamu juga berkesempatan untuk mengikuti TES BAHASA INGGRIS GRATIS!

Dengan pengalaman lebih dari 10 tahun dalam memberikan pelayanan terbaik kepada para peserta kursus, English Cafe Bali mampu mendapatkan kepercayaan masyarakat Bali yang dibuktikan dengan skor 4,8* untuk tingkat kepuasan klien.

Hubungi kami segera di WhatsApp, telepon 0361481910, atau email ke [email protected] untuk ambil kelas Bahasa Inggrismu dan dapatkan promo menarik tiap bulannya. GARANSI 100% UANG KEMBALI jika kamu tidak puas dengan kualitas pengajar, sistem pembelajaran dan pelayanan English Cafe Bali. NO HURT FEELING GUARANTEED.

WE WILL GET YOU ADDICTED TO ENGLISH!

Gede Murta

Gede Murta

Menghabiskan waktu 10 tahun untuk mengajar bahasa inggris. Bagi saya mengajar adalah salah satu cara berbagi ilmu dan hidup "abadi". Berbagi ilmu tentang program IELTS dan TOEFL Preparation, General English, ESP atau English for Specific Purposes adalah sesuatu yang fun.

Jangan ragu! Mulai perjalananmu menuju kemahiran bahasa inggris yang lebih baik

Yuk daftar kursus bahasa inggris sekarang bersama English Cafe dan dapatkan VOUCHER CASHBACK PROMO AMAYZING DEAL SEBESAR Rp. 500.000 di semua program kursus.