fbpx

Apa yang harus dilakukan pada Writing Task 2 dalam IELTS Test

Gede Murta

Bagi kalian yang berencana untuk belajar atau bekerja di luar negeri, tentunya kalian sudah tidak asing lagi kan dengan yang namanya IELTS test. 4 skill utama dalam bahasa Inggris, yang tentunya termasuk writing, akan diujikan. Writing pada IELTS test, khususnya pada writing task 2, terkadang menjadi hal yang cukup menyulitkan bagi para test takers. Pemahaman mengenai tips dan trik menulis pada writing task 2 dalam IELTS test akan sangat membantu kalian. Tenang saja, pada artikel kali ini, EC akan memberikan tips-tips mengenai hal apa saja yang boleh dilakukan dalam mengerjakan writing task 2 pada IELTS test. Check this out guys!

 

1. Analyse the topic.

Sebelum menulis isi/essay, alangkah baiknya untuk menganalisa topik yang diberikan terlebih dahulu, karena jika topik dan isi tidak sesuai atau menyimpang, akan mempengaruhi nilai akhir.

2. Answer all parts of the prompt fully.

Jawablah sesuai dengan petunjuk atau soal yang diberikan. Pastikan tulisan kalian mencakup semua poin yang ada pada pertanyaan. Jangan sampai terlewatkan!

3. It is necessary to spend five minutes to make the plan.

Luangkan lima menit pertama untuk perencanaan essay kalian. Dalam bahasa Inggris, proses ini disebut dengan Planning. Buatkan beberapa kerangka tulisan yang ingin kalian bahas pada tulisan.

4. In the introduction: paraphrase the task (use your own language) and state the aim of your essay in a thesis statement.

Pada kalimat pembuka, parafrase soal dan nyatakan tujuan dari pembuatan esai, seperti kalimat pembuka pada pembuatan skripsi. Proses parafrase ini adalah proses dimana soal esai ditulis ulang dengan menggunakan sinonim dan perubahan struktur kalimat namun tetap memiliki makna yang sama.

5. Write an essay, you have to divide your essay into paragraphs (minimal four: introduction, two main body paragraphs, conclusion).

Buatlah karangan dengan membaginya ke dalam beberapa paragraf (minimal empat yang terdiri dari pembukaan, dua bagian isi, dan penutup). Proses ini dapat disesuaikan dengan jenis soal yang dihadapi seperti contoh soal dua pendapat, masalah dan solusi, sebab akibat, dan jenis soal yang lainnya. Pahamilah soal terlebih dahulu agar bisa menulis jumlah paragraf yang sesuai.

Tes Bahasa Inggris Online Gratis

6. Begin each paragraph with a topic sentence.

Mulailah setiap paragraf dengan kalimat utama. Setiap paragraf memiliki kalimat inti yang dapat dikembangkan menjadi kalimat pendukung beserta contoh. Sangat penting untuk membuat kalimat pertama yang efektif dan dapat dikembangkan.

7. Provide a reason and give an example for each of your arguments.

Berikan alasan dan contoh untuk setiap argumenmu. Untuk mendapatkan jumlah kata sebanyak 250 kata, kamu perlu belajar untuk mengembangkan setiap ide dan kalimat yang kamu tulis. Pengembangan ide ini berupa penyediaan alasan dan contoh pada setiap argumenmu.

8. Summarise the points made in the essay in the conclusion.

Ringkaskan poin yang dibuat dalam esai pada kesimpulan. Setiap tulisan task 2 dalam IELTS writing memiliki satu paragraf kesimpulan atau penutup. Dalam paragraf ini kamu dapat menulis garis besar atau ringkasan beserta kritik saran yang diperlukan.

9. Provide some solutions (e.g.recommendations, suggestions, wider implications) in the conclusion.

Berikan beberapa saran atau ide (misalnya, saran dan implikasi yang lebih luas) dalam kesimpulan. Jika kamu masih ingat sistem Paragraf Induktif, deduktif dan campuran, maka hal ini tidak akan menjadi masalah besar untukmu.

10. Use impersonal language (e.g. We must is incorrect, it’s better to use: It is essential we …)

Gunakanlah bahasa yang bersifat tidak pribadi. Karena jika menggunakan bahasa pribadi hal ini akan menyebabkan karakter tulisan yang bersifat terlalu subjektif oleh karena itu dapat mengurangi otoritas argumen.

11. Use formal vocabulary (e.g. keep = maintain, make sure = ensure) or high-level words.

Gunakan bahasa atau kata yang lebih formal/baku (contoh: make sure = ensure, drink = beverage, food = cuisine, dan lain-lain). Penggunaan kata – kata formal pada task 2 IELTS writing akan memberikan nilai lebih terutama pada kriteria lexical resources atau kosakata. Hindari menggunakan kosakata informal pada task 2 essay ini.

12. To make it more formal and objective, use passive voice (e.g. The book will be read …)

Gunakan kalimat pasif agar terdengar lebih formal/baku dan bersifat objektif. Contohnya: “the computer has been used by student” (komputer telah digunakan oleh siswa), bukan “student has used computer” (siswa menggunakan komputer). Hal ini juga dapat menjadi ukuran dari penilai mengenai jenis kalimat yang kita gunakan, apakah sudah bervariasi atau tidak.

Baca Juga:

13. Avoid repetition by using synonyms (e.g. important = vital = essential = crucial)

Hindari pengulangan dengan menggunakan sinonim. Seperti provide = supply = prepare. Sinonim perlu dipelajari untuk menciptakan kesan penguasaan kosakata yang luas. Selain sinonim, kamu juga bisa belajar antonim.

14. Use formal linking words (e.g. despite, nevertheless, furthermore)

Gunakan kata penghubung formal seperti: nevertheless, despite, in spite of, furthermore, however dan lain-lain.

15. Use complex sentences.

Gunakan kalimat majemuk bertingkat, dimana kalimat memiliki klausa utama, kata penghubung dan anak kalimat. Kalimat kompleks ini tidak hanya panjang namun terdapat klausa independen dan dependen, frasa dan kata hubung.

16. Recheck your work to avoid simple mistakes.

Koreksi pekerjaanmu atau tulisanmu untuk menghindari adanya kesalahan kecil. Sangat penting untuk menyisakan 2-3 menit waktu terakhir tes untuk mengecek ulang tulisan yang telah dibuat untuk melihat kesalahan tulisan, kata, struktur, dan yang lainnya.

17. Make sure you’ve written at least 250 words.

Pastikan kalian telah menulis setidaknya 250 kata. Cara cepat untuk memastikan kamu sudah menulis atau akan menulis 250 kata adalah dengan secara konstan menulis 10 sampai 12 kata pada setiap baris di lembar jawaban writing task 2. Dengan ini, kamu tidak perlu menghitung secara manual per kata.

Demikian beberapa tips yang hendaknya kalian ketahui sebelum kalian mengambil test IELTS, terutama untuk menghadapi writing task 2 pada IELTS test. Perbanyaklah latihan menulis dan membaca dalam bahasa Inggris. Gunakan bahasa yang formal dan kalimat kompleks dengan penggunaan grammar yang tepat.

Ngomong-ngomong, adakah yang masih sering mengalami kesulitan dalam bahasa Inggris?

Wajar saja karena banyak sebab. Yang pertama adalah karena kamu kurang terbiasa dengan bahasa inggris. Smartphone kamu saja masih berbahasa Indonesia. Sebab yang keduanya itu karena kamu adalah tipe gerak. Kamu tipe yang harus belajar dan dijelaskan langsung oleh guru secara fun dan sekaligus langsung praktik. Dan sebab yang terakhir adalah kamu takut mencoba ikut kursus bahasa inggris.

Kamu tidak salah. Banyak orang juga takut kursus bahasa inggris. Takut harganya mahal dan tidak sesuai hasil. Ataupun juga takut membuat kesalahan saat belajar di tempat kursus yang ramai dan guru yang galak. Takut jadwal dan waktu luangmu yang tidak sesuai dan tidak cukup. Yang terakhir adalah kamu takut bosan dengan pembelajarannya. 

Solusinya untuk bisa bahasa Inggris  adalah dibawah ini:

  1. Pertama kamu ganti bahasa smartphone kamu menjadi English. 
  2. Kedua, ikut kursus bahasa inggris yang jadwalnya fleksibel tanpa takut hangus. 
  3. Ketiga pilih sistem private atau kelas kecil biar lebih bebas. 
  4. Keempat pilih kursus bahasa inggris online zoom yang langsung face to face dengan gurunya. 
  5. Cari kursus bahasa Inggris yang BERANI Memberi JAMINAN UANG KEMBALI. Di English Cafe kami jamin 100% UANG KEMBALI. Jika kamu tidak sreg dengan kualitas tutor dan module kami.

Coba Sekarang (Kuning)

Di English Cafe, kami adalah professional di bidang Bahasa Inggris. Semua program Bahasa Inggris seperti IELTS/TOEFL, General English dan program special untuk karyawan, hospitality dan medical semua tersedia. Program kita juga bisa di custom sesuai permintaan kamu lho. Semua tutor kami qualified dan terakreditasi. Ambil program kami dan kami jamin 100% UANG KEMBALI jika kamu tidak puas dengan kualitas tutor, sistem pengajaran kami dan platform kami. Yuk datang ke English Cafe di Jalan Gunung Soputan I 16 A Denpasar atau kalian bisa menghubungi kami melalui WA di nomor 082145458411. We’ll get you addicted to English!

Leave a Comment