fbpx

5 Kesalahan Grammar dalam bahasa Inggris yang Sering Terjadi

Gede Murta

Belajar bahasa Inggris tidak terlepas dari salah satu hal yang terkadang menjadi momok menakutkan bagi pembelajar yaitu grammar. Grammar adalah aturan-aturan yang mengatur susunan kalimat. Jika diibaratkan, grammar adalah seperti rumus dalam pelajaran Matematika yang perlu dipahami dan diaplikasikan penggunaanya. Tidak jarang pembelajar membuat kesalahan grammar dalam bahasa Inggris.

5 Kesalahan Grammar dalam bahasa Inggris yang sering terjadi ini berhubungan dengan ketidakmampuan pembelajar untuk mengolah dan mengatur kalimat yang dibuatnya. Kesalahan –kesalahan ini mungkin akan membuat kita di anggap tidak kompeten. Untuk menghindari hal itu, kalian perlu mengetahi apa saja 5 kesalahan fatal dalam grammar berikut ini:

  1. Who vs. That

Who digunakan untuk mendeskripsikan seseorang dengan memberikan informasi yang lebih terhadap orang tersebut. Sedangkan, That digunakan untuk mendeskripsikan benda atau hal selain manusia. Perhatikan contoh dibawah ini;

  • I am a man who likes soup” (Saya lelaki yang menukai sup).
  • She is a woman who likes going to restaurants” Dia adalah wanita yang suka pergi ke restoran).
  • “This is the cat that I got yesterday”. (Ini kucing yang saya dapat kemarin)
  • “This is the dog that I found on the street”. (Ini anjing yang saya temukan di jalan).
  1. They’re vs. their

Dua kata ini memiliki pengucapan yang hampir sama. Mungkin dalam percakapan sehari-hari perbedaan antara dua kata ini tidak begitu menjadi masalah, namun dalam writing skill hal ini sangat penting untuk diperhatikan.

Kata They’re merupakan singkatan dari they are (contraction), sedangkan their merupakan kata yang menunjukan kepunyaan (possessive). Ketika kalian menggunakan kata contraction dan ingin tahu apakah itu benar atau tidak, kalian cukup mencobanya dengan menggunakan kalimat lengkapnya, contohnya: “They are playing with a kite” menjadiThey’re playing with a kite” (Mereka bermain dengan layang-layang).

Sedangkan kata Their adalah kata possessive yang digunakan untuk mengungkapkan kepunyaan atas kepemilikan terhadap sesuatu, contohnya adalah: “Their car is very nice” (Mobil mereka sangat bagus).

  1. You’re vs. your

Seperti halnya kesalahan yang disebutkan pada poin nomor 2 sebelumnya, you’re dan your merupakan kata contraction dan possessive yang kalian harus perhatikan penggunaannya dalam kalimat sebelum memilih kata yang tepat untuk kalian gunakan. Sebagai contoh:

  • You are very happy” menjadi “You’re very happy” (kamu sangat senang).
  • Is this your bag? (apakah ini tas mu?) Kamu tidak bisa berkata “this is you’re bag?” ataupun “this is you are bag?” karena kalimat itu tidak benar.
  1. It’s vs. its

Ini merupakan kata yang cukup mengecoh untuk digunakan. It’s adalah kata singkatan dari “it is”, sedangkan kata its adalah kata yang mengindikasikan kepemilikan. Banyak yang cukup terjebak dalam penggunaanya. Pahami contoh berikut untuk dapat menggunakannya secara lebih tepat.

  • It is very hot” yang menjadi “it’s very hot” (itu sangat panas). Di kalimat ini pada kata “it” terdapat tanda koma diatas bukan untuk mendeskripsikan kepunyaan, melainkan untuk menyingkat (contracting) kata it is.
  • Untuk kata yang menyatakan kepunyaan (ownership), kita menggunakan its, misalkan “the cat’s collar is very nice”, menjadi “its collar is very nice” (ikat leher kucing itu sangat bagus).
  1. I vs. me

Ini adalah kesalahan yang paling sering terjadi dalam komunikasi bahasa inggris yang kalian mungkin lakukan. “I” adalah sebuah subjek dalam kalimat yang umumnya berada diawal kalimat, sedangkan “me” adalah objek yang umumnya berada diakhir sebuah kalimat.

Meskipun ini adalah basic grammar yang setiap orang mesti ketahui, tetapi banyak orang yang melakukan kesalahan dalam penggunaannya termasuk native speakers. Berikut ini adalah contoh yang bisa kalian jadikan acuan agar tidak melakukan kesalahan dalam penggunaan kata ini.

Contoh:

  • He and I went to the store” (dia dan saya pergi ke toko), bukan “He and me went to the store
  • My mother gave a box to my brother and I”, untuk mengeceknya, kita mengubahnya menjadi “my mother gave a box to I”, terdengar aneh bukan? Oleh karena itu kalimat yang benar adalah “my mother gave a box to my brother and me” dan “my mother gave a box to me”.

Itu tadi beberapa kesalahan fatal tentang grammar yang mungkin kalian lakukan. Melatih writing skill kalian akan sangat membantu untuk perbaikan dalam sklill percakapan kalian. Yuk gabung segera dengan English café Bali. English café Bali adalah tempat kursus Bahasa Inggris di Bali yang beralamat di Jalan Gunung Soputan 1 No.16A Denpasar atau kalian bisa menghubungi kami di nomor (0361) 481910 atau melalui WA di 0821 4545 8411.

Leave a Comment