Menanyakan dan memberi pendapat dalam bahasa Inggris disebut dengan asking and giving opinion. Pada artikel yang terdahulu, English Café pernah membahas mengenai ungkapan-ungkapan yang bisa kalian gunakan untuk menanyakan/ memberi pendapat dalam bahasa Inggris.

Nah, bagi kalian yang lupa silahkan search artikel kami yang berjudul “Mengemukakan Pendapat Dalam Bahasa Inggris” untuk mengingat-ingat kembali ungkapan-ungkapannya.

Oke guys, pada artikel kali ini kami akan lebih membahas mengenai penggunaan ungkapan-ungkapan asking and giving opinion pada sebuah percakapan. Ada baiknya selain mengetahui ungkapan-ungkapannya kalian juga bisa langsung mempraktekannya dengan teman kalian/ dengan orang asing.

Siapa tahu nih ketika kalian bepergian ke suatu tempat wisata dan bertemu wisatawan luar negeri, kalian bisa menanyakan wisatawan tersebut mengenai pendapatnya tentang tempat wisata itu. Nah untuk lebih jelasnya, berikut contoh percakapan bahasa Inggris menggunakan asking and giving opinion.  

Andre : Hi Bob, where have you been? I didn’t see you for a week. (Hai Bob, darimana sajakah kamu? Aku tidak melihatmu selama seminggu).

Bobi : Yeah, I enjoyed my long holiday. (Ya, saya menikmati liburan panjang saya).

Andre : Wow, cool. Where did you go? (Wow, keren. Kemana kamu pergi?).

Bobi : I went to Amed beach in Karang Asem. Have you ever visited that place? (Saya pergi ke Pantai Amed di Karang Asem. Pernahkah kamu pergi kesana?).

Andre : Hmmm… Never, but I ever saw it from TV. Is it a good Beach?  What do you think about Amed Beach? (Hmmm… Tidak pernah, namun aku pernah melihatnya dari TV. Apakah pantainya bagus? Apa pendapatmu mengenai pantai Amed?).

Bobi : In my opinion, it is an awesome beach. It has many good diving spots. Besides, you can also see a beautiful sunrise in the morning. (Menurut pendapat saya, itu adalah pantai yang mengagumkan. Pantainya memiliki banyak tempat menyelam yang bagus. Disamping itu, kamu juga bisa melihat matahari terbit yang indah di pagi hari).

Andre : What a good place to spend a holiday! (Betapa tempat yang bagus untuk menghabiskan liburan!).

Bobi : Yeah, of course. If you have a long holiday, I think you should go to Amed. Karang Asem has many beautiful beaches. (Ya, tentu saja. Jika kamu memiliki sebuah liburan panjang, saya rasa kamu harus pergi ke Amed. Karang Asem memiliki banyak pantai-pantai yang indah).

Andre : Yes, I will. I agree with you. Last year I went to Virgin Beach in Karang Asem. It is not too far from Denpasar. Have you ever gone there? (Ya, saya akan kesana. Saya setuju denganmu. Tahun lalu aku pergi ke Pantai Virgin di Karang Asem. Pantainya tidak terlalu jauh dari Denpasar. Pernahkah kamu pergi kesana?).

Bobi : Not yet, I just know it from my friends who have already gone there. They said that the beach has a beautiful white sand. How’s your opinion? (Belum, aku hanya tahu itu dari teman-teman yang sudah pernah pergi kesana. Mereka mengatakan pantainya memiliki pasir putih yang indah. Bagaimana menurut pendapatmu?).

Andre : Personally, I think Virgin beach is a beautiful beach and a good place to spend your weekend. Your friends are right. It has a gorgeous white sand. (Secara pribadi, aku pikir pantai Virgin adalah pantai yang indah dan merupakan tempat yang bagus untuk menghabiskan akhir pekan. Teman-temanmu benar. Pantai Virgin memiliki pasir putih yang sangat Indah).  

Bobi : Cool, please take me there sometimes. (Keren, ajak aku kesana suatu waktu).

Andre : Sure. There are a lot of places that we can explore in Karang Asem.  Have you ever visited Tenganan Village? (Tentu. Disana ada banyak tempat yang bisa kita jelajahi di Karang Asem. Pernahkah kamu mengunjungi desa Tenganan?).

Bobi : No, I have not. I only ever heard that village from my grandfather. As far as I know, Tenganan is one of famous Bali traditional villages. Balinese called it “Desa Bali Aga”. The house styles and ornaments are very traditional. They also have a unique tradition called “Perang Pandan”. (Tidak, aku belum pernah. Aku hanya pernah mendengar desa itu dari kakek saya. Sejauh yang saya tahu, Tenganan adalah salah satu desa tradisional Bali yang terkenal. Orang Bali menyebutnya “Desa Bali Aga”. Gaya dan ornamen rumahnya sangat tradisional. Mereka juga memiliki sebuah tradisi unik yang disebut “Perang Pandan”).

Andre : Yes, I ever heard about it. Some people say that “Perang Pandan” is an offering ceremony to honor God Indra (God of War) and the ancestors. The ritual is held annually in June. (Ya, aku pernah mendengarnya. Beberapa orang mengatakan “Perang Pandan” adalah sebuah upacara persembahan untuk menghormati Dewa Indra (Dewa perang) dan para leluhur. Ritualnya diadakan secara tahunan yaitu di bulan Juni).   

Bobi : What a unique tradition it is. We should go and watch it once. (Betapa suatu tradisi yang unik. Kita harus pergi dan menontonnya sekali).

Andre : Alright, let’s arrange a trip to Karang Asem next June. What do you think? (Baiklah, ayo kita mengatur sebuah perjalanan ke Karang Asem Juni depan. Bagaimana menurutmu?).

Bobi : I’d say that is a brilliant idea. Can’t wait for that month. (Aku akan mengatakan itu adalah sebuah ide yang sangat bagus. Aku tidak sabar menunggu bulan itu).

Andre : Yeah, me too. I’ll contact you later. See you Bob. (Ya, aku juga. Aku akan menghubungimu nanti. Sampai bertemu Bob).

Bobi : Alright, see you Andre. (Baiklah, sampai bertemu Andre).  

Nah itu dia guys contoh percakapan bahasa Inggris menggunakan asking and giving opinion. Pada percakapan diatas kalian bisa melihat langsung contoh penggunaan asking and giving opinion pada kalimat yang digaris bawahi.

Nah setelah membaca contoh diatas sekarang saatnya kalian menerapkannya secara langsung ya. Jika kalian ingin mengetahui contoh percakapan lainnya dalam bahasa Inggris, yuk gabung dan belajar langsung di English Café Bali.

Disini kalian juga bisa mencoba kursus coba gratis (free trial class) untuk mengetahui proses belajar mengajar ataupun fasilitas kelas yang kami miliki. English Café Bali beralamat di Jalan Gunung Soputan 1 No 16A Denpasar atau kalian bisa menghubungi kami di nomor (0361) 481910.

Let’s join and practice your speaking skill!

Baca Juga : Percakapan Bahasa Inggris Tentang Offering Help Beserta Artinya

Baca Juga : Percakapan Bahasa Inggris Menggunakan Expression of Asking and Giving Suggestion

Baca Juga : Contoh Percakapan Bahasa Inggris Tentang Handling Complain

Baca Juga : Mengungkapkan Rasa Simpati Dalam Bahasa Inggris

Baca Juga : Ungkapan Bahasa Inggris Tentang Meminta, Memberi dan Menawarkan Bantuan