Contoh soal Comparative Degree beserta Pembahasannya

Tentunya kalian tidak asing lagi dengan istilah degree of comparison. Degree of comparison atau arti dalam bahasa Indonesia adalah tingkat perbandingan atau cara membandingkan satu hal dengan lainnya. Terdapat 3 jenis degree of comparison, yaitu positive degree, comparative degree dan superlative degree.

Pada artikel kami sebelumnya sudah pernah dibahas mengenai membandingkan sesuatu dengan menggunakan comparison degree Jika kalian ingin melihat contoh contoh comparison degree, klik disini. karena ini berdasarkan request dari teman-teman, kali ini kami membahas beberapa contoh soal comparative degree beserta pembahasannya.

degree of comparison

  1. Which is ……. iron or lead? a. heavy  b. more heavy c. heavier d. heaviest

Jawaban: c

Pembahasan:

Kalimat lengkap di atas yang benar adalah “Which is heavier iron or lead?”  Mengapa jawabannya bukan (a) karena ‘heavy’ digunakan untuk kalimat positive yang memiliki ciri kalimat “as……as” yang artinya sama. Jawaban (b) kurang tepat karena kata ‘heavy” terdiri dari dua suku kata dengan akhiran kata ‘y’ maka akhiran ‘y’ pada kata ‘heavy’ akan berubah menjadi y= i + er terbentuklah ‘heavier”, mengapa jawabannya bukan (b) more heavy, untuk aturan kapan kita memakai more dan akhiran -er pada kata, itu tergantung dari jumlah suku kata pada kata. Jika suku kata lebih dari dua suku kata atau lebih maka diikuti oleh kata ‘more’, seperti contoh beautiful jadi menggunakan ‘more beautiful’ bukan ‘beautifuler’ dan mengapa jawabannya bukan (d) heaviest? karena heaviest merupakan superlative degree yang artinya “paling”. Karena kalimat di atas memiliki pilihan antara “iron atau lead”. Jadi jawaban yang paling tepat adalah (c) yang memiliki arti “Mana yang lebih berat besi atau timah?.

  1.   This road is the ………. in the town. a. more narrow b. narrowest c. narrower d. narrow

Jawaban: b

Pembahasan:

Kalimat lengkap di atas yang benar adalah “This road is the narrowest in the town”. Mengapa jawabannya bukan (a) karena ‘more narrow’ merupakan kalimat comparative degree atau membandingkan antara satu dengan yang lainnya, sama halnya dengan jawaban (c) , ‘narrower’ merupakan jenis perubahan kata untuk comparative degree, maka jawaban (c) kurang tepat. Jawaban (d) juga tidak tepat karena digunakan untuk kalimat positive degree yang dimana memiliki arti ‘sama’. Maka jawaban yang paling tepat adalah (b) karena ciri utama kalimat superlative degree adalah memiliki kata ‘the’ dan diikuti oleh ‘est’ atau ‘most’ hanya saja sekarang menentukan kapan kita menggunakan akhiran ‘est’ atau ‘most’ pada kata sifat (adjective), karena kata ‘narrow’ terdiri dari satu suku kata, maka ditambahkan akhiran ‘est’ saja pada kata tersebut. Maka kata “narrow” menjadi “narrowest”.

  1.   Last night my brother told me the …….. story that i have ever heard. a. most interesting b. interesting c. more interesting d. interested

Jawaban: a

Penjelasan:

Kalimat di atas yang lengkap adalah “Last night my brother told me the most interesting story that i have ever heard”. Mengapa jawabannya bukan (b) karena untuk kata sifat yang tidak mengalami perubahan, ini termasuk ke dalam kategori positive comparison yang memiliki ciri khas “as….as” yang artinya membandingkan tetapi sama. Contohnya ‘Jessy is as tall as Marine’’ artinya ‘Dia sama tingginya dengan Marine’. Jawaban (c) merupakan jawaban untuk membandingkan satu cerita dengan cerita lainnya. Sedangkan contoh soal di atas tidak terdapat sebuah perbandingan cerita dengan cerita lain, dapat disimpulkan cerita yang paling menarik. Jadi jawaban yang paling tepat adalah (a) most interesting.

  1.   We don’t like James. He is as …… as his brother. a. naughthiest b. naughty c. naughtier d. most naughty.

Jawaban: b

Penjelasan:

Kalimat di atas memiliki bentuk lengkap yaitu “We don’t like James. He is as naughty as his brother yang artinya “Kami tidak menyukai James. Dia sama nakalnya dengan adiknya”. Karena kalimat di atas menggunakan penanda “as…..as”, maka jawaban yang paling tepat adalah b (naughty). Sedangkan untuk penjelasan pilihan jawaban yang lainnya bisa dilihat pada penjelasan soal – soal sebelumnya.

  1.   She wants a ……… string than this to tie the parcel. a. longest b. long c. longer d. more long

Jawaban: c

Penjelasan: Kalimat lengkapnya adalah “She wants a longer string than this to tie the parcel”. Yang memiliki arti “Dia ingin tali yang lebih panjang untuk mengikat bungkusan ini”. Untuk mengetahui kapan seharunya kita menggunakan positive, comparative maupun superlative degree, bisa kita lihat dari jenis kalimatnya. Misalkan untuk kalimat positive ada tanda “as…..as”. Untuk comparative degree terdapat penanda “than” pada kalimat, sedangkan superlative degree terdapat penanda “the” dalam kalimat yang artinya spesifik atau “paling” di antara yang lainnya. Jadi, jawaban di atas yang paling tepat adalah (c) karena memiliki penanda “than” yang berarti “daripada”.

  1.   Today’s work isn’t as ……. as it was yesterday. a. harder b. hard c. hardest d. hardly

Jawaban: b

Penjelasan: Kalimat lengkap di atas adalah “Today’s work isn’t as hard as it was yesterday”. Yang memiliki arti “Pekerjaan sekarang tidak sesulit kemarin”. Karena kalimat di atas menggunakan penanda “as…..as”, maka jawaban yang paling tepat adalah b (hard). Sedangkan untuk pilihan jawaban lainnya bisa dilihat pada penjelasan yang terdapat pada soal – soal sebelumnya.   

  1.   Who is ……. he or his brother? a. lazy b. more lazy c. laziest d. lazier

Jawaban: d

Penjelasan: Kalimat lengkap di atas yang tepat adalah “Who is lazier he or his brother?” Mengapa jawabannya bukan (b) more lazy? Karena kata lazy terdiri dari dua suku kata dan diakhiri dengan kata “y” maka akhiran “y” akan berubah menjadi y= i + er dan terbentuklah ‘lazier”, jika sebuah kata memiliki dua suku kata atau lebih dan kata tersebut tidak diakhiri oleh akhiran ‘y’ maka kata tersebut ditambahkan ‘more’ seperti kata ‘handsome’ dan terbentuklah ‘more handsome’. Jawaban (c) belum tepat penggunaannya karena pada kalimat tersebut tidak mengandung makna “paling”, karena kalimat tersebut memiliki makna “Siapa yang lebih malas? Dia atau adiknya? Terdapat kata ‘or’ jadi kalimat tersebut dimasukkan ke dalam kategori “comparative degree”.

  1.   Paul is eight years old, Tom is nine, and John is ten. John is the………… a. oldest b. older c. old d. more old

Jawaban: a

Penjelasan: Kalimat yang tepat adalah “Paul is eight years old, Tom is nine, and John is ten. John is the oldest”, yang artinya Paul berumur 8 tahun, Tom 9 tahun, dan John 10 tahun. Jadi siapa yang paling tua antara Paul, Tom dan John? jawabannya adalah John, maka John yang paling tua/tertua. Jadi, jawaban yang paling tepat adalah (a) oldest, tidak menggunakan kata ‘older, old maupun more old’ karena kalimat di atas masuk ke dalam ketegori “superlative degree” dan ciri khas kalimat “superlative degree” adalah menggunakan “the”.

  1.   An apple is as ….. as an orange. a. big b. bigger c. more big d. the biggest

Jawaban: a

Penjelasan: Kalimat lengkap di atas adalah “An apple is as big as an orange”. Termasuk jenis kalimat manakah kalimat tersebut? Comparative degree? Jika ‘comparative degree” tidak terdapat kata membandingkan seperti “than atau or”, jadi kalimatnya akan menjadi  kurang tepat. Jika “superlative degree”, kalimat tersebut tidak mengandung unsur “paling” jadi kurang tepat untuk penggunaan “the biggest”. Maka jawaban yang paling tepat adalah (a) big yang artinya “Apel sama besarnya dengan jeruk”. Kalimat tersebut termasuk ke dalam positif degree” dengan memiliki ciri kalimat “as…..as”.

  1. I enjoy every minute of the match. I should say the winning team is the ……… a. good b. gooder c. best d. better

Jawaban: c

Penjelasan: Kalimat di atas yang tepat adalah “I enjoy every minute of the match. I should say the winning team is the best”. Yang artinya “Aku menikmati setiap menit pada pertandingan. Aku bisa mengatakan tim yang menang adalah yang terbaik”. Dilihat dari arti di atas sudah bisa kita tebak bahwa jawaban yang tepat adalah (c) . Kata ‘best’ perubahan dari kata ‘good-better-best’ mengapa tidak menjadi “the goodest” atau ‘the most good’? Tidak hanya kata kerja yang memiliki perubahan kata atau dikenal dengan sebutan “irregular verb’, namun pada kata sifat (adjective) juga memiliki perubahan-perubahan kata. Contoh lainnya adalah “bad-worse-worst”.

Nah, demikian beberapa contoh soal-soal beserta pembahasannya, semoga penjelasan di atas dapat membantu kalian agar tidak bingung dalam membedakan kapan seharusnya kita menggunakan “positive, comparative maupun superlative degree”.

Jangan lupa coba “2 minutes test” di website kami. Dengan mengikuti 2 minutes test tersebut, kalian akan mengetahui kebutuhan bahasa Inggris diambil. Gabung bersama kami dan rasakan pengalaman belajar bahasa Inggris dengan teknik dan metode yang seru dan djamin tidak membosankan. Penasaran? Datang ke Jalan Gunung Soputan 1 16 A Denpasar atau kalian bisa menghubungi kami di 0361 481910 atau melalui WA kami di 0821 4545 8411.

By | 2018-04-17T10:43:37+00:00 April 16th, 2018|Categories: Artikel Terbaru, English Information|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment