Cara lancar berbahasa inggris melalui film atau video

Kalau kamu masih belajar bahasa Inggris menggunakan buku bahasa Inggris yang menjanjikan kamu akan lancar berbahasa Inggris dalam 40 jam, itu artinya kamu kuno. Di zaman ketika teknologi sudah semakin berkembang, media untuk belajar bahasa Inggris juga semakin berkembang. Penggunaan buku sudah semakin ditinggalkan karena kamus pun sudah tersedia di ponsel. Jika kamu termasuk orang yang suka belajar dengan cara yang menyenangkan, mungkin opsi menonton film untuk belajar bahasa Inggris bisa dicoba. Mau tau gimana caranya? Yuk, kita baca penjelasan di bawah ini.

Tes Bahasa Inggris Online Gratis  1. Tentukan film favoritmu

Hal pertama yang perlu kamu lakukan untuk belajar bahasa inggris melalui film adalah memilih film barat favoritmu. Ada banyak sekali film bagus yang sesuai dan bisa kamu pilih untuk membantumu belajar bahasa Inggris. Ada banyak film dengan genre seperti horror, comedy action, adventure, romance, documenter, dan lain – lain. Namun dalam hal ini sebaiknya jangan memilih film dimana karakter pemain film tersebut tidak berbicara sama sekali seperti mr. Bean atau Charlie chaplin.

2.Film yang ber-subtitle atau tidak ber-subtitle

Untuk pemula, sebaiknya kamu belajar dengan film yang memiliki subtitle bahasa inggris. Ingat ya, subtitle bahasa inggris. Hal ini bertujuan untuk memudahkan kamu dalam mendengar, memahami, mencari artinya dan mempraktekkannya. Bagi yang sudah cukup dalam hal mendengarkan percakapan berbahasa inggris dan memahami apa yang dikatakan, ada baiknya kamu tidak menggunakan subtitle. Hal ini untuk memaksimalkan waktu menonton film supaya tidak mata kita hanya terfokus ke subtitle dan geleng – geleng sendiri tanpa melihat tindakan dan tokoh dalam film tersebut.

3. Sediakan kamus elektronik atau buku

Banyak kata – kata baru yang belum terlalu kita ketahui atau jarang kita gunakan dalam kehidupan sehari – hari. Jika kamu sudah terhubung ke internet atau bisa menggunakan hotspot temanmu yang yang sedang banyak kuota, kamu bisa mencari kata-kata sulit di google translate atau banyak program kamus yang lain. Ketika kamu menemukan kata-kata sulit dalam film, kamu bisa langsung mengetiknya di google translate dan memahami artinya.

Nah bagi yang lebih menyukai cara klasik seperti menggunakan kamus, kamu bisa mencari kata-kata susah di buku amus tersebut. Catat detik atau menit dialog tersebut dan kumpulkan kalimat yang sudah kamu dapatkan dari film yang kamu tonton dan pahami di laptop atau bukumu. Sediakan buku atau folder khusus untuk catatan tersebut dan janga lupa berikan judul filmnya supaya kamu tetap bisa mengingatnya.

4. Tirulah dan jangan takut salah

Tirulah dan ulanglah kalimat dan percakapan yang di lakukan di film yang sudah kamu tonton. Bila perlu, ikuti juga aksen dan intonasi bicara tokoh tersebut. Dengan ini kamu akan bisa berbahasa inggris. Pengulangan penting dalam hal ini untuk menjaga ingatan tentang apa yang telah kita pelajari. Jangan malu, ataupun takut mempraktekkan hal ini. Jika kamu mengalami penyakit malu dan takut disalahkan oleh orang lain, pergilah ke kamarmu, kunci pintu dan pasang peredam suara. Disana kamu bisa dengan keras mengucapkan kalimat tersebut tanpa harus takut malu oleh orang lain.

5. Prakteklah dengan teman atau keluargamu

Yang terakhir adalah ikut sertakan temanmu untuk mempraktekkan apa yang telah kamu pelajari secara spontan dan gunakan kosakatanya. Mungkin aka nada trial dan error atau mencoba dan keliru, namun disinilah letak menyenangkannya saat kita belajar dengan teman terpercaya yang akan mendukung dan bukan malah mengejek kita. Selamat mencoba ya.

Ingin belajar bahasa inggris secara online, daftar sekarang di English Cafe Bali online course. Kamu akan diberikan materi yang pas, video listening yang mendukung, praktek berbicara bahasa inggris/konsultasi melalui video call, tes kemampuan bahasa inggris supaya lebih paham dan ingat lebih lama dan sertifikat kursus. Kamu juga bisa datang dan belajar langsung di kantor English Cafe Bali. Silahkan hubungi English Cafe Bali melalui nomor kami di (0361) 481910.

By | 2018-05-08T13:48:33+00:00 May 8th, 2018|Categories: Artikel Terbaru, English Information, Tips and Trick|Tags: , |0 Comments

About the Author:

Leave A Comment