Cara belajar bahasa inggris dengan lagu

Saat ditanyakan mengenai cara belajar bahasa inggris, tidak sedikit siswa yang belajar bahasa inggris akan menjawab bahwa cara yang paling sederhana dan menyenangkan dilakukan adalah dengan mendengarkan lagu berbahasa inggris. Hal ini didukung oleh banyaknya penelitian yang menyatakan bahwa musik dapat mempengaruhi perasaan seseorang, suasana hati, dan kesehatan tubuh. Jika musik digunakan untuk belajar bahasa, maka ini akan mejadi luar biasa.

Dari segi proses belajar pembelajaran, musik dapat meningkatkan proses dan hasil belajar bahasa, salah satunya adalah bahasa inggris. Untuk memaksimalkan proses dan hasil belajar menggunakan lagu, siswa perlu terlebih dahulu memahami cara belajar dengan cara ini. Berikut akan dijelaskan mengenai langkah – langkah yang dapat ditempuh untuk memaksimalkan belajar bahasa inggris kita.
Tes Bahasa Inggris Online Gratis
1. Persiapkan speaker yang ingin digunakan untuk mendengarkan lagu bahasa inggris.

Speaker yang bisa digunakan dapat berupa speaker biasa ataupun speaker compact yang banyak dijual di toko elektronik maupun online dengan kualitas suara yang baik. Jika ingin lebih leluasa, kamu dapat membeli speaker yang berisi bluetooth sehingga kita dapat dengan mudah mengoperasikannya dengan smartphone.

2. Pilihlah lagu kesukaanmu yang bertempo lambat sampai sedang dan dengan kejelasan suara yang baik.

Ada banyak lagu berbahasa inggris yang temponya cepat dan kosa – kata yang digunakan juga lebih rumit dan seperti menggunakan majas. Jika kamu adalah seorang pembelajar bahasa inggris pemula, sebaiknya pilihlah lagu yang berkosa – kata mudah atau mudah didengar karena kosa – kata tersebut yang nantinya akan kamu olah lagi.

3. Dengarlah lagu yang anda pilih secara berulang – ulang kali.

Lagu yang disuka biasanya akan diputar berulang kali supaya pendengar lagu tersebut dapat meniru secara sempurna lirik dan nada penyanyi tersebut. Ini dapat kita gunakan sebagai cara untuk mengingat kalimat atau ungkapan tertentu, biasanya ini berupa reff. Setelah kita mengetahui makna reff tersebut, kita dapat memasangkannya dengan kalimat lain yang masih memiliki makna simpel. Contoh: that’s what makes you beautiful (dari lirik lagu one direction= what makes you beautiful), kemudian kita gabung ke kalimat buatan sendiri seperti: you help everyone, that’s what makes you beautiful.

4. Carilah lirik lagu tersebut dan artikanlah

Selain menyenangkan, ini juga merupakan cara yang baik untuk mengenal kosa- kata umum yang mungkin belum kamu ketahui. Dalam proses menerjemahkan ini, kamu juga akan belajar struktur kalimat dan juga bentuk yang dipakai dalam lirik lagu tersebut secara tidak langsung.

5. Nyanyikanlah secara lantang

Cara yang terakhir ini adalah cara yang paling banyak disukai orang saat belajar bahasa inggris. Walaupun suara kamu tidak seperti penyanyi, yang terpenting adalah kamu dapat mengucapkannya. Hal ini penting untuk melatih pengucapan bahasa inggris secara alami.

 

Ingin belajar bahasa inggris secara online, daftar sekarang di English Cafe Bali online course. Kamu akan diberikan materi yang pas, video listening yang mendukung, praktek berbicara bahasa inggris/konsultasi melalui video call, tes kemampuan bahasa inggris supaya lebih paham dan ingat lebih lama dan sertifikat kursus. Silahkan hubungi English Cafe Bali melalui nomor kami di (0361) 481910.

About the Author:

Leave A Comment